Puting Beliung: Beringin Tua Mulai Dievakuasi, Lalin Dialihkan

Kediri, koranmemo.com – Petugas gabungan dari Polsek Kandat, Koramil Kandat dan BPBD Kabupaten Kediri dibantu warga, Selasa (3/4) pagi kembali kerja bakti memangkas ranting dan dahan dari pohon beringin tua berdiameter 5 meter dan tinggi 50 meter.

Pemangkasan pohon beringin berusia ratusan tahun itu  dimulai Senin (2/3) malam dengan menngunakan alat berat dan truk untuk mengangkut potongan batang kayu. Empat truk milik Dinas PUPR dan DLH Kabupaten Kediri diperlukan dalam kondisi seperti saat ini.

Kapolsek Kandat AKP I Ketiut Suparta menjelaskan peristiwa hujan deras disertai puting beliung pada Senin (2/4) petang ini tidak saja merobohkan pohon tua tersebut namun berakibat tumbangnya beberapa pohon besar di desa Pule dan Desa Ringinsari. Dua warung dan satu kios hancur akibat puting beliung ini.

” Untuk saat ini arus lalu lintas dari arah Kediri dialihkan ke barat arah Ngadiluwih dan jalan desa di Ringinsari. Sedang dari arah Blitar dialihkan melalui jalan desa Ringinsari ke Barat mulai perempatan desa Ringinsari dan Desa Tegalan,”jelasnya

Sementara Danramil Kandat Kapten Inf Sunarjo memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Anggotanya diturunkan untuk bergabung dengan tim lainya melakukan pembersihan batang pohon berusia ratusan tahun ini.

“Kita bersama petugas lainya bersih- bersih pohon dengan melakukan pemotongan kayu. Dengan maksud arus lalu lintas bisa lancar lagi,”katanya.

Reporter: Bakti Wijayanto

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date