Pura-pura Mau Beli Motor, Wajah Malah Bengeb

Jombang, koranmemo.com – Hermawan (31), dijebloskan ke tahanan Mapolres Jombang. Ini setelah pria asal RT 27/ RW 04 Dusun Prangas Desa Klepu Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang ini, hendak membawa kabur motor Suzuki Satria FU dengan nomer polisi S 4913 ZB milik Masruchan (48), warga Desa Mlaras Kecamatan Sumobito, Jumat (27/10) sekitar pukul 09.00 WIB. Modusnya, pelaku mencoba motor korban yang seolah-olah akan dibelinya.

“Antara korban dan pelaku sepakat bertemu di lapangan Kecamatan Sumobito,” kata Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi kepada Koranmemo.com, Jumat (27/10) sore.

Mantan Kasat Reskrim Polres Nganjuk ini menjelaskan, pelaku dan korban bertemu di TKP untuk urusan jual beli motor. Ketika bertemu, pelaku terlebih dahulu melihat kondisi fisik motor layaknya pembeli betulan.

Kemudian meminta kunci motor dengan berdalih akan mencoba motor terlebih dahulu. Namun, korban tidak percaya begitu saja. Meski mempersilahkan pelaku mencoba motor, korban tetap mengikuti dari belakang, berboncengan dengan teman korban yang ikut ke lokasi pertemuan.

Kecurigaan korban nampaknya terbukti. Ketika berjalan beberapa ratus meter meninggalkan lokasi, pelaku langsung tancap gas.  Melihat gelagat tidak beres pelaku, korban memutuskan mengejar pelaku. Aksi kejar-kejaran baru berakhir di Dusun Ngrowo Desa Gambiran Kecamatan Mojoagung.

Korban berhasil memepet dan menendang pelaku hingga terjatuh di ladang jagung milik warga. Kemudian dengan dibantu warga sekitar, pelaku dibawa ke Mapolsek Mojoagung. “Sebelumnya diamankan di Polsek Mojoagung. Namun karena TKP di wilayah hukum Polsek Sumobito, maka diputuskan kasus dilimpahkan ke sini (Satreskrim Polres Jombang),” ujar Gatot.

Masih menurut Gatot, sejauh ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan mendalam terhadap pelaku. Selian itu barang bukti Suzuki Satria FU nomer polisi S 4913 ZB milik korban diamankan sebagai barang bukti. “Kita dalami dulu apakah pelaku ini bagian dari sindikat penipuan dengan modus serupa atau bukan. Dia terancam Pasal 378 KUHP tentang Penipuan,” pungkasnya.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.