Pura di Bali Yang Favorit Dikunjungi Wisatawan

Share this :

Bali, koranmemo.com – Bagi wisatawan yang datang ke Bali, tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi objek wisata pura. Pura Hindu di Bali memang sangat banyak, karena jumlahnya sangat banyak itulah maka tidak heran kalau Bali juga mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Pura. Dan masing-masing pura ini memiliki nuansa keindahan yang berbeda karena lokasi pura ini ada yang di dataran tinggi, seperti pura Besakih dan pura Ulun Danu Beratan. Ada juga pura yang lokasinya di pesisir pantai dan pura yang dibangun pada ujung batu karang. Maka tidak heran kalau melihat lokasinya tersebut banyak paket wisata yang ditawarkan kepada pengunjung untuk melihat keindahan budaya Bali ini.

Pura yang biasa digunakan umat Hindu Bali untuk pemujaan ini merupakan kekayaan budaya tersendiri. Karena itu ada beberapa pura di Bali ini yang dijadikan ikon pariwisata Bali dengan menampilkan keindahan serta uniknya arsitektur bangunan dari masa kerajaan Bali. Inilah yang mungkin membuat pura di Bali ini menjadi tempat favorit untuk berkunjung. Apalagi ketika di pura tersebut sedang berlangsung upacara keagamaan. Karena selain keindahan pura yang mempesona, wisatawan juga akan melihat proses ritual agama Hindu di Bali.

Namun demikian karena pura itu tempat pemujaan maka ada aturannya untuk memasuki pura yang harus dipatuhi pengunjung. Berikut aturan dan etika berkunjung ke kawasan pura di Bali yang perlu diketahui wisatawan:

– Pergunakan sarung dan selendang yang diikatkan dipinggang

– Memakai baju tertutup, seperti kemeja atau kaos

– Untuk perempuan, jangan memasuki area pura jika sedang menstruasi

– Jangan meludah di area pura

– Jangan menginjak sesajen yang ada di halaman pura

– Hindari mengucapkan kata kasar

– Jangan membuang sampah sebarangan.

Di bawah ini terdapat daftar pura di Bali yang pavorit dikunjungi wisatwan:

1. Pura Besakih

Pura Besaki merupakan pura terbesar dan yang dianggap paling serta induknya seluruh pura yang ada di Bali. Lokasi pura Besakih berada 900 meter dari lereng gunung Agung. Pura Besakih adalah komplek pura besar yang jumlahnya sangat banyak. Wisatawan yang berkunjung ke pura Besakih biasanya hanya mengunjungi pura Penataran Agung. Pura Penataran Agung adalah pura yang paling utama dan terbesar di area komplek pura Besakih yang diperuntukan untuk pemujaan dewa Brahma, dewa Siwa dan dewa Wisnu.

2. Pura Tanah Lot

Pura tanah lot juga tidak kalah populer dikunjungi wisatawan yang datang ke Bali. Pura Tanah Lot sangat populer sebagai tempat liburan wisatawan Indonesia. Saking populernya pura Tanah Lot, disaat musim sepi di Bali juga tetap ramai dengan kunjungan wisatawan. Pura Tanah Lot dibangun diatas batu karang besar yang berada di area lepas pantai. Untuk memasuki area pura, hanya dapat dilewati pada saat air laut surut. Sedangkan pada saat air laut pasang, pura Tanah Lot akan terlihat berada di tengah laut.

Untuk berkunjung ke pura Tanah Lot hendaknya pada sore hari menjelang matahari terbit. Karena wisatwan akan dapat melihat pemandangan matahari terbenam dengan siluet pura Tanah Lot. Namun tidak sedikit juga wisatawan yang mengabaikan masalah tersebut karena biasanya mereka akan menyesuaikan dengan waktu atau saat berada di perjalanan ketika di Bali.

Pura Tanah Lot berada di desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura Tanah Lot, juga lokasinya dekat dengan tempat wisata terkenal yang ada di Bali selatan, seperti Kuta, Seminyak, Canggu dan Legian. Jika anda berangkat dari kawasan wisata Kuta, akan menempuh jarak sekitar 25 kilometer. Biasanya mengunjungi pura tanah Lot akan dijadikan satu paket dengan lokasi wisata terdekat misalnya ke Pura Ulun Danu Beratan Bedugul, pura Taman Ayun

3. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan ini lokasinya berada di tengah danau dan terlihat mengambang. Pada saat wisatwan tiba di lokasi pura Ulun Danu Beratan, akan melihat air danau Beratan Bedugul yang jernih mengelilingi area pura Ulun Danu, dan terlihat seakan pura Ulun Danu mengambang di permukaan air danau Beratan.

Di lokasi ini terkenal sangat sejuk dan indah karena Danau Beratan Bedugul dikeliling area perbukitan dan disekitar area pura Ulun Danu terdapat kebun yang tertata rapi. Karena berada di dataran tinggi, area pura Ulun Danu Beratan sangat sering diselimuti kabut. Selain melihat keindahan pemandangan pura Ulun Danu Beratan, wisatawan juga dapat mencoba aktivitas wisata air di danau. Seperti menyewa perahu keliling danau Beratan.

Lokasinya berada di dataran tinggi pulau Bali, tepatnya ada di kawasan tempat wisata Bedugul, kabupaten Tabanan Bali. Lokasi pura Ulun Danu berada di sisi barat danau Beratan Bedugul. Pura Ulun Danu Beratan sebagai objek wisata lokasinya sangat strategis karena berdekatan tempat wisata kebun Raya Bali.

4. Pura Taman Ayun Mengwi

Sesuai dengan namanya lokasi pura Taman Ayun berada di Mengwi Kabupaten Badung – Bali tepatnya di Jalan Ayodya. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, Taman Ayun artinya taman yang indah. Pada area luar pura Taman Ayun terdapat halaman yang sangat luas dengan desain tembok pagar khas Bali. Sedangkan di dalam area pura Taman Ayun dalam terdapat kolam air yang mengelilingi areal pura. Pura Taman Ayun salah satu contoh dari keunikan serta keindahan arsitektur tradisional Bali dengan kombinasi pengaruh arsitektur Tiongkok. Jika anda tertarik untuk melihat arsitektur Bali kuno, pura Taman Ayun Mengwi wajib anda masukan kedalam itinerary liburan di Bali. Tempat wisata di Bali utara yang biasanya dijadikan satu paket dengan pura Taman Ayun seperti pantai Lovina, air terjun Gitgit atau pemandian air panas Banjar.

5. Pura Luhur Uluwatu

Selain pura Tanah Lot, pura Luhur Uluwatu juga dibangun pada ujung batu karang. Pura Uluwatu, atau juga sering disebut dengan nama Pura Luhur Uluwatu, salah satu enam pura HIndu utama di Bali. Pura ini berada di ujung tebing karang yang sangat curam. Tebing karang memiliki tinggi kurang lebih sekitar 70 meter di atas permukaan laut.

Pura Uluwatu juga sangat terkenal sebagai lokasi terbaik melihat pemandangan sunset, karena pengunjung dapat melihat pemandangan sunset dari atas tebing tanpa ada yang menghalagi pemandangan sunset. Selain pemandangan sunset, di lokasi pura Uluwatu wisatawan juga dapat melihat pemandangan Samudra Hindia.

Lokasi pura Uluwatu ada di wilayah Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Pura Uluwatu lokasinya sangat strategis karena berdekatan tempat wisata favorit wisatawan Indonesia, seperti pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana serta pantai Dreamland Bali.

6. Pura Tirta Empul Tampak Siring

Jika diartikan ke bahasa Indonesia, Tirta Empul artinya mata air suci. Karena di dalam area pura Tirta Empul terdapat sumber mata air alami. Air dialirkan ke area luar pura Tirta Empul yang berbentuk pemandian dengan pancuran air. Sumber mata air alami dan pemandian di area pura, yang menjadi daya tarik pura Tirta Empul sebagai tempat liburan di Bali. Berdekatan dengan lokasi pura Tirta Empul, tepatnya berada di atas bukit terdapat istana kepresidenan Tampak Siring. Bagi masyarakat Bali pemeluk agama Hindu, air dari pancuran di pura Tirta Empul adalah air suci yang diyakini akan membawa kesucian, ketenangan serta keberuntungan.

Pura Tirta Empul lokasinya berada Jalan Tirta, Manukaya, Tampaksiring, kabupaten Gianyar – Bali. Karena berada didalam wilayah Tampaksiring, terkadang pura Tirta Empul disebut dengan nama pura Tampaksiring.

7. Pura Taman Saraswati Ubud

Salah satu objek wisata pura yang ada di Ubud Bali favorit wisatawan adalah Pura Taman Saraswati. Lokasi pura Taman Saraswati berada di area pusat Ubud dengan daya tarik utama terdapat pada keindahan arsitektur dan kolam bunga teratai. Selain itu, tidak ada biaya tiket masuk ke pura Taman Saraswati Ubud. Setiap pukul 19:30, di area pura Taman Saraswati Ubud akan di pentaskan pertunjukan seni tari Bali. Lokasi pura Taman Saraswati berada di Jalan Kajeng sebelah utara jalan raya Ubud.

8. Pura Gunung Lebah Campuhan Ubud

Masih di kawasan wisata Ubud, salah satu pura yang layak anda kunjungi saat liburan di Ubud Bali adalah Pura Gunung Lebah. Lokasi dari pura Gunung Lebah Ubud sangat unik, karena berada di bawah berdekatan dengan lokasi sungai Campuhan Ubud. Pura Gunung Lebah termasuk dalam kategori pura Kahyangan Jagat. yang artinya, semua pemeluk agama Hindu Bali diperkenankan untuk bersembahyang.

9. Pura Goa Lawah Klungkung

Goa Lawah adalah salah satu pura penting bagi umat Hindu di Bali. Keunikan dari pura Goa Lawah karena lokasi pura dibangun di depan area goa yang dihuni ribuan kelelawar. Walaupun ada banyak kelelawar, wisatwan tidak perlu khawatir mengunjungi pura Goa Lawah, karena sangat aman. Pura Goa Lawah berada di kabupaten Klungkung tepatnya di desa Pesinggahan, kecamatan Dawan. Di sebelah selatan lokasi Pura Goa Lawah terdapat pantai pasir hitam dan dari pantai anda dapat melihat Pulau Nusa Penida.

10. Pura Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi adalah sebuah kompleks candi kuno dan merupakan situs arkeologi paling unik di Bali. Keunikan terdapat pada relief candi yang diukir pada permukaan tebing batu. Untuk dapat mencapai lokasi pura Gunung Kawi dari tempat parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki dengan menyusuri jalan setapak dan anak tangga kurang lebih 371 anak tangga. Saat menyusuri jalan setapak dan anak tangga, wisatawan akan dapat melihat pemandangan area persawahan serta lembah dengan banyak pohon hijau. Lokasi pura Gunung Kawi berada di banjar Penaka, Tampak Siring, Kabupaten Gianyar.

dari Berbagai Sumber

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date