Pungut 8 Karung Sampah Plastik, WCDID Trenggalek Ajak Warga Lebih Peduli Lingkungan

Trenggalek, koranmemo.com – Belasan relawan World Clean UP Day Indonesia (WCDID) Trenggalek menggelar aksi bersih sampah plastik di seputaran Alun-alun Trenggalek, Minggu (8/9). Aksi bersih-bersih bertajuk ‘Gerakan Pungut Sampah Demi Terwujudnya Trenggalek Rejo (Resik, Ijo, Ketoto)’ adalah sebagai persiapan menyambut World Clean Up Day pada 21 September 2019 yang akan diikuti 158 negara.

Aksi bersih-bersih sampah yang dilakukan relawan tersebut berlangsung di Hutan Kota dan Alun-alun Trenggalek hingga Stadion Menak Sopal. Kegiatan berlangsung sejak 7 hingga 8 September. Hasilnya mereka mendapati sekitar delapan karung sampah. “Masyarakat masih kurang ada kepedulian,” kata Wakil Leader WCDID Trenggalek, Riswanda Wikan Pangestu, Minggu (8/9).

Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan pengelolaan sampah. Cara paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis dan golongannya. Menurutnya masyarakat memiliki andil besar dalam menyukseskan. “Gerakan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk pintar mengolah sampah dan gaya hidup ramah lingkungan,” jelasnya.

Gaya hidup ramah lingkungan yang dimaksud diantaranya adalah diet plastik. Seperti memanfaatkan penggunanya hingga mengolahnya agar memiliki nilai ekonomis. Mereka juga bekerja sama dengan bank sampah untuk mengolah limbah plastik untuk dikemas dalam bentuk kerajinan. “Zaman sekarang ada (metode) 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle). Tapi semua kembali pada niat,” ujarnya.

Sampah plastik memang menjadi konsentrasi dalam kegiatan ini karena menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. World Clean Up Day 2019 digelar sebagai wujud kampanye memerangi penggunaan sampah plastik. “Kurang lebihnya diikuti 158 negara termasuk Indonesia. Indonesia memiliki relawan (peduli sampah) hampir 7,8 jiwa,” kata dia.

Ia menyebut saat ini masih melakukan pemetaan untuk menentukan target kegiatan serentak tersebut. Sasarannya adalah sungai kecil yang dipenuhi sampah, daerah wisata hingga area perkotaan.

Dia mengajak seluruh relawan untuk turut andil dalam kegiatan World Clean Up Day 2019. “Sekarang ada 29 relawan (WCDID Trenggalek). Nanti untuk yang tanggal 21 bisa langsung akses web Indorelawan nanti bisa gabung disitu untuk mengisi data diri,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date