Puluhan Warga Gotong Royong Memperbaiki Pinggiran Sungai Mojorejo

Nganjuk, koranmemo.com – Puluhan warga Dusun Mojorejo, Desa Plosoharjo, Kecamatan Pace yang terdampak plengsengan sungai yang longsor mengadakan kerja bakti , Selasa (12/1) .

Jarwa, Kepala Desa Desa Plosoharjo mengatakan, dia bersama warga terdampak bekerja sama untuk mencegah longsor susulan. Selain mencegah longsor, warga juga mengantisipasi luapan air dari sungai supaya tidak masuk ke pemukiman.

”Kami gunakan karung berisi tanah untuk tanggul sementara. Ini langkah kecil kami untuk mencegah,” ucap Jarwa.

Pantauan koranmemo.com, warga yang terlibat kerja bakti sibuk dengan tugasnya masing-masing. Ada yang merapikan tepian sungai yang akan digarap, memasukkan tanah kedalam karung, mengangkut karung yang berisi tanah ke lokasi dibangunnya tanggul sementara dan mulai membangun tanggul.

“Kami hanya mengundang beberapa warga saja yang terdampak. Namun, tidak disangka beberapa warga yang tidak diundang juga ikut membantu,” katanya.

Salah seorang warga yang rumahnya terancam terdampak longsor plesengan sungai mengatakan, dia sangat berharap jika pemerintah segera ambil tindakan. Dia mengaku takut jika keadaan sungai yang seperti ini terus dibiarkan, akan mengakibatkan bencana besar nantinya.

Jarwa menambahkan, plengsengan yang longsor itu memang sudah berusia sangat tua. Dibangun ketika dirinya masih menjabat sebagai perangkat desa, sekitar puluhan tahun yang lalu.

“Pak Marhen ingin melihat keadaan plengsengan secara langsung dan sempat mengunjungi beberapa warga yang terdampak,” tambahnya.

Reporter: Inna Dewi Fatimah

Editor: Della Cahaya