Puluhan Santri Uyun Al Hikam Sukorejo Keracunan Usai Santap Nasi Bungkus Saat Berbuka Puasa

Share this :

Ponorogo, koranmemo.com – Puluhan santri Pondok Pesantren ( Ponpes) Uyun Al-Hikam Desa Prajegan Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo dilarikan ke sejumlah fasilitas kesehatan terdekat. Ini setelah mereka mengeluhkan mual dan diare secara masal, Senin (4/5) malam.

Dari data yang berhasil dihimpun, tercatat 30 santri dari Ponpes ini menjalani perawatan. Diantaranya, 4 santri di Puskesmas Babadan, 9 santri di Klinik Budi Asih Desa Sukosari Kecamatan Sukorejo, 8 santri di Puskesmas Kauman, dan 10 santri di puskesmas Ngrandu.

Diduga puluhan santri ini mengalami keracunan, setelah menyatap menu buka puasa yakni nasi bungkus dengan lauk ayam dan minuman kolak santan.

 Pasalnya selang 7 hingga 8 jam kemudian, 30 dari 56 santri yang menyantap menu ini mengeluhkan diare, mual, dan demam.” Yang diduga penyebab makanan buka puasa. Kalau Sahur pukul 3 makannya nasi dan oseng tahu,” ujar salah satu santri yang enggan disebutkan namanya, saat menjalani perawatan di Pukesmas Babadan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Babadan dr Siti Nur Faedah membenarkan kejadian ini. Ia mengungkapkan 4 santri yang terdiri dari 1 perempuan dan 3 laki-laki, berusia rata-rata 10 hingga 12 tahun dari Ponpes Uyun Al-Hikam ini , datang sekitar pukul 18.00 sore dengan keluhan dehidrasi dan demam.

Pihaknya pun langsung melakukan penangan dengan memberikan cairan infus dan obat-obatan untuk menghilangkan keluhan para santri ini. ” Pasien keracunan dari Ponpes Uyun Al-Hikam Sukorejo di Puskesmas babadan 4 orang. Kondisi umum dehidrasi dan demam.  Usaha kita lakukan pemberian infus  dan obat obatan pendukung supaya keluhanya berkurang,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan sejumlah santri masih menjalani perawatan, untuk memulihkan kondisinya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu