Puluhan Ribu KPM Terdampak Pandemi di Kab. Kediri Terima BST

Kediri, koranmemo.com – Penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kementerian Sosial kembali bergulir. Pada penyaluran tahap X, dihari pertama ini (9/1) diperuntukkan bagi 10.662 KPM dari Kecamatan Badas, Kayen Kidul, Pagu, Kunjang, Plemahan, Purwoasri, Papar dan Gampengrejo. Masing-masing KPM memperoleh uang tunai senilai Rp 300 ribu.

 

Untuk penyaluran di Kecamatan Pagu dilakukan di 2 lokasi, yakni Balai Desa Menang, dan Pendopo Kantor Kecamatan Pagu. Sementara itu guna menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di tengah berkumpulnya masyarakat, apalagi saat situasi pandemi Covid-19 saat ini, para penerima bansos ini diwajibkan memakai masker serta cuci tangan sebelum memasuki lokasi penyaluran. Hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah.

 

Siti Rukanah,salah satu KPM yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga mengaku senang mendapatkan bantuan sosial senilai Rp 300 ribu ini. Nantinya uang tersebut akan digunakan untuk daftar ulang sekolah anaknya, serta untuk kebutuhan sehari – hari.

 

 

 

“Saya senang karena mendapat bantuan ini, nantinya uang ini kan digunakan untuk belanja kebutuhan pokok, dan daftar ulang sekolah anak,” ujarnya.

 

Sementara itu Kasi Kesos Kecamatan Pagu, Muhammad Ridwan mengatakan, pada penyaluran BST tahap X di Kec. Paguini terdapat 986 KPM, sementara untuk penyalurannya dilakukan di Balai Desa Menang dan Pendopo Kantor Kecamatan. “Terdapat 986 KPM, yang menerima bantuan, diharapkan bantuan tersebut dapat dimanfaat dengan sebaik – baiknya,” ucapnya.

 

Dengan adanya bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang kini Terdampak Pandemi Covid-19. Pemerintah mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, serta terus mengikuti anjuran untuk tetap berada dirumah, serta melakukan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan disiplin melaksanakan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

 

 

 

Untuk diketahui pada penyaluran ini, Kecamatan Gampengrejo 849, Kecamatan Papar 1.895, Kecamatan Purwoasri 1.700, Kecamatan Plemahan 1.131, Kecamatan Kunjang 932, Kecamatan Pagu 986, Kecamatan Kayen Kidul 1.587, Kecamatan Badas 1.582, sehingga total KPM pada hari ini terdapat 10.662 KPM dari 8 Kecamatan.

 

Editor Achmad Saichu