Puluhan Personel Polres Trenggalek Berlatih Selam di Pantai Mutiara

Trenggalek, Koranmemo.com – Puluhan personel Kepolisian Resort Trenggalek berlatih selam di Pantai Mutiara, tepatnya di Kecamatan Watulimo Trenggalek, Rabu (9/10) sore. Mereka bakal mendapatkan sertifikat berupa brevet jika lulus mengikuti pelatihan yang dikomando langsung tiga instruktur dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI). Kegiatan itu diikuti sebanyak 20 anggota.

Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, topografi wilayah Trenggalek berbatasan langsung dengan laut sehingga kemampuan selam menjadi salah satu hal mutlak yang harus dikuasai. “Sebanyak tiga Kecamatan meliputi Panggul, Munjungan dan Watulimo merupakan area pantai dari total 14 kecamatan,” ujarnya.

Dengan wilayah pesisir tersebut, ia menilai membutuhkan kompetensi di bidang kelautan seperti menyelam. Sementara di Trenggalek hanya mengandalkan petugas dari Pos Polairud dan Pos TNI AL yang terkonsentrasi di Pantai Prigi Watulimo. “Makanya kami menggelar pelatihan sekaligus sertifikasi brevet bagi anggota Polres Trenggalek,” jelasnya.

Dia menyebut, anggota yang terpilih minimal menguasai kemampuan dasar seperti water resque atau pernah berdinas di satuan Polairud sehingga penguasaan materi lebih matang. Mereka bakal digembleng secara bertahap hingga memperoleh sertifikasi berupa brevet. “Ini sekaligus mendorong lahirnya atlet selam berbakat, selain merangsang wisatawan khususnya wisata bawah air,” imbuhnya.

Materi pertama yang disampaikan dalam pelatihan itu adalah pengenalan alat-alat selam Bouyancy Control Device (BCD), regulator, dept pressure gauge watch,  masker fins snorkel, tangki scuba dan peralatan lainnya. “Kemudian dilanjutkan dengan teknik dasar menyelam. Di akhir pelatihan kami berharap mereka mempunyai kemampuan selam dengan baik,” pungkasnya.

Reporter Angga Prasetiya
Editor Achmad Saichu

 

Follow Untuk Berita Up to Date