Puluhan Koperasi di Kota Blitar Akan Dibubarkan

Blitar, koranmemo.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Blitar berupaya membersihkan koperasi – koperasi yang mati suri. Puluhan koperasi itu akan ditutup, tinggal menunggu surat keputusan dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Blitar, Juari mengatakan, tercatat ada 264 koperasi yang ada di Kota Blitar. Sebanyak 86 koperasi hanya tinggal nama. Koperasi – koperasi yang tidak aktif tersebut akan ditutup secara bertahap.”Kami baru mengusulkan ke Kementerian Koperasi dan UMKM itu 62 koperasi. Sisanya akan kita usulkan secara bertahap. Kami masih menunggu keputusan dari Kementerian untuk menutup puluhan koperasi itu,” ujarnya, Jumat (29/11).

Juari mengatakan, puluhan koperasi yang mati suri itu sebenarnya sudah memiliki izin. Namun, karena beberapa permasalahan akhirnya koperasi itu tidak aktif. “Hanya tinggal nama saja. Permasalahannya ada yang modalnya tidak ada, ada yang ditinggal atau pindah oleh anggotanya, seperti itu. Sesuai dengan peraturan koperasi harus melakukan minimal satu kali dalam satu tahun rapat anggota tahunan (RAT) untuk,” katanya.

Terkait permodalan itu, Juari mengaku, Pemerintah terkahir memberikan pinjaman modal pada koperasi adalah akhir tahun 2015. Setelah itu pinjaman modal berjalan diberhentikan, sambil menunggu koperasi mengembalikan pinjaman tersebut.

“Kami sudah berencana untuk memberikan bantuan permodalan atau istilahnya itu bantuan dana bergulir untuk koperasi. Tapi kami ingin menata kondisi koperasi dulu. Nantinya dana bisa dari APBD bisa juga bantuan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date