PT KAI Siapkan Angkutan Jelang Nataru

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru)  2019, PT KAI (Persero) telah siap melaksanakan angkutan liburan, pihaknya menetapkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2017 ini selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Dijelaskan jika puncak angkutan angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini diprediksi akan terjadi pada hari Jumat (21/12) dan Senin (31/12) dengan jumlah penumpang total dari wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 33.955 penumpang.

” Pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini PT KAI Daop 7 akan mengoperasikan 50 perjalanan KA Reguler, 24 KA Lokal, dan 10 KA Tambahan yaitu Gajayana Tambahan relasi Gambir-Malang (PP), Sancaka Tambahan relasi Yogyakarta-Surabayagubeng (PP), Brantas Tambahan relasi Pasarsenen-Blitar (PP), Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabayagubeng (PP), dan Matarmaja Tambahan relasi Pasarsenen-Malang (PP),” ujar Humas DAOP 7, Ixfan Widiantoko,Rabu (19/12) .

Dijelaskan jika PT KAI Daop 7 menyiapkan sebanyak 25.976 seat/hari untuk KA Reguler dan 6.788 seat/hari untuk KA Tambahan dengan total 32.764 seat/hari untuk melayani penumpang pada masa angkutan Nataru 2018/2019.

“Peningkatan volume penumpang selama masa angkutan Nataru tersebut diprediksi sebesar 4% dengan volume 269.650 penumpang dibanding masa angkutan Nataru tahun lalu sebanyak 259.675 penumpang. Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tambahan tersebut di atas dapat melakukan pembelian di seluruh channel resmi penjualan tiket kereta api mulai 16 November 2018, antara lain aplikasi ponsel resmi KAI yakni KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121/ (021) 121, loket, maupun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI seperti gerai minimarket, Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, agen resmi dll,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk ketersediaan tempat duduk, hingga 18 Desember 2018, KA Tambahan kurang lebih masih tersedia sebanyak 23% Sedangkan untuk KA Reguler masih tersedia 28% tempat duduk.

Untuk melaksanakan angkutan Natal dan Tahun Baru ini Daop 7 Madiun telah menyiapkan 6 unit lokomotif dan 3 unit lokomotif cadangan yang terdiri dari 5 lok jenis CC 201 dan 4 lok jenis CC 203. Selain lokomotif juga disiapkan sebanyak 55 unit kereta, dan 7 unit kereta cadangan dengan jumlah total 62 kereta siap operasi. Armada tersebut disiapkan untuk melayani 6 trainset KA penumpang asal Daop 7 (Brantas, Kahuripan, Singasari PP).

Sedangkan dari sisi prasarana, untuk kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru ini Daop 7 Madiun telah menyiapkan jalur rel yang ada agar bisa dilewati KA sesuai kecepatan normal dan tidak ada pengurangan kecepatan. Persiapan tersebut dilakukan dengan perawatan dan perbaikan kondisi tubuh ban jalur rel dan wesel pemindah jalur secara rutin, serta normalisasi drainase sepanjang jalur rel.

Guna mengantisipasi gangguan terhadap kelancaran perjalanan KA, Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di 9 titik stasiun masing- masing Jombang, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Walikukun, Blitar, Tulungagung, dan Kediri. Alat dan Material yang berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi H Beam (untuk jembatan), alat penambat rel, dsb tersebut siap ditarik sewaktu- waktu ke lokasi untuk mengatasi gangguan jalur rel seperti longsoran dan amblesan.

Reporter Arief juli prabowo

Editor Della Cahaya