PSSI Tetap Lanjutkan Liga 1 Awal Oktober

Share this :

Jakarta, koranmemo.com – PSSI berkukuh untuk melanjutkan kompetisi Liga 1, pada 1 Oktober mendatang. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, kelanjutan kompetisi, bisa menjadi pembawa pesan ke dunia internasional bahwa Indonesia sudah mulai beradaptasi dan belajar dengan situasi kenormalan baru melalui sepakbola. Dia ingin dunia sepakbola tetap produktif di tengah pandemi.

“Tentu ada fase-fasenya yang paling penting mematuhi protokol kesehatan, kami sudah melakukan rapat dengan Komite Eksekutif dengan pihak terkait yakni asosiasi pelatih dan asosiasi pemain, dan klub liga 1 dan 2, dan sepakat kita melanjutkan kompetisi liga 1 dan 2 yang sempat berhenti karena covid,” kata Iriawan, dikutip dari laman Tempo.

Sebelumnya, PSSI akan menggulirkan kembali Liga 1 secara terpusat di Pulau Jawa. Sejumlah klub menggunakan Yogyakarta dan Malang sebagai kandang. Iriawan menyebutkan, jika kompetisi berhenti selama setahun, satu generasi pemain nasional berpotensi hilang.

Selain itu, PSSI juga punya pengalaman diskors oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) ketika tak ada kompetisi yang berakibat buruk bagi sepakbola Indonesia di mata internasional. Sepakbola nasional pun mendapat imbas.

Irawan berharap, kompetisi yang digelar bisa berdampak bagi kepentingan Timnas Indonesia. Sebab, menurut Irawan, kalau tidak ada kompetisi, Timnas pun akan kesulitan menjaring pemain.

Baca Juga: Bapaslon Bupati Blitar Mulai Jalani Tes Kesehatan

Baca Juga: Dana Bantuan UMKM di Nganjuk Belum Cair, Begini Kata Disperindag

“Memang ada pemusatan latihan, tapi beda dengan kompetisi. Tentunya dengan berkompetisi, kualitas para pemain akan terjaga,” ujarnya. Pemain muda yang belum terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 bisa berkompetisi terlebih dulu di liga.

Menurut Iriawan, rencana kembali menggelar kompetisi sudah dikomunikasikan dengan AFC dan FIFA. Terlebih lagi, pemusatan latihan yang berlangsung di Kroasia diikuti 29 pemain. Dengan adanya kompetisi, Shin Tae-yong masih punya ruang memilih pemain baru. “Tim ini belum baku masih bisa keluar masuk,” ujarnya.

Reporter: Okpriabdhu Mahtinu

Editor: Della Cahaya