Program Balik Gratis, Tekan Inflasi Angkutan Umum

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Meningkatnya permintaan tiket angkutan umum pastinya juga berimbas pada kenaikan ongkos angkutan umum dan dikhawatirkan akan berimbas pada inflasi di Kota Kediri. Namun untuk mengatasinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri telah memiliki pogram untuk menekan tingkat inflasi di Kota Kediri dengan memberikan angkutan balik gratis bagi warga pada lebaran tahun ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembanguanan (Bernlitbang) Kota Kediri, Edi Damasto mengatakan program tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Kami memiliki program balik gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kota Kediri untuk menekan inflasi di Kota Kediri,” ujarnya.

Pada pelaksanaanya, dishub membuka pendaftaran yang dimulai pertengahan puasa lalu dan ditutup pada 18 Juni 2018. Pendaftarannya cukup mudah, hanya dengan membawa fotocopy KTP dan kartu kepo miluarga untuk diserahkan di tempat yang telah disedikan. Angkutan mudik gratis ini diberangkatkan pada 19 juni 2018 dengan rute jurusan Kediri-Surabaya.

Selain menekan inflasi di Kota Kediri, dengan adanya mudik gratis ini juga bermaksud untuk menekan angka kecelakaan yang biasanya didominasi oleh kendaraan roda dua.  Sebab mudik tidak hanya untuk selamat sampai tujuan tapi juga pulang dengan keadaan yang sama seperti sebelumnya.

Sementara itu, Adi Jayanto, warga Kelurahan Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang berkesempatan ikut program balik gratis 2018 ini mengungkapkan rasa syukurnya. Karena dengan mudik gratis ini Adi bisa bertemu dengan keluarganya tanpa terlalu banyak mengeluarkan ongkos mudik.

“Tujuan saya mau ke Sidoarjo. Ketika saya pergi ke terminal untuk mencari tiket, ternyata ada program balik gratis. Cukup terbantu selain gratis juga aman dan nyaman bagi pemudik. Saya harap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya, dan armada yang disedikan juga bertambah,” ujarnya.

Dishub menyediakan sebanyak 3 armada untuk mengangkut kurang lebih 165 penumpang yang ingin kembali ketempat perantauan atau ke tempat domisili setelah kemabli kekampung halamannya di Kota Kediri.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya