Prodamas Bisa Jadi Media Untuk Mengenal Lebih Dekat Masyarakat

Kediri, koranmemo.com– Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) merupakan program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri.  Program ini tidak hanya menjadi wadah warga untuk membangun sarana dan prasarana, tetapi juga bisa digunakan sebagai media mengenali lingkungan secara dini terhadap hal yang bisa menjadi tindakan terorisme.

Seperti diketahui, dalam Prodamas setiap warga khususunya pada tingkat Rukun Tetangga (RT) selalu melakukan rembug perihal apa saja yang dibutuhkan dalam lingkungannya. Dari rembug warga inilah RT bisa lebih mengenali warganya, dan jika memang ada warga yang masih belum dikenal dapat mengimbau warga lain yang mengetahui adanya warga baru untuk melapor ke RT terlebih dahulu.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Kediri, Jumadi, ketika deklarasi tolak terorisme bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Komuniasi Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri. “Prodamas ada di tingkat RT jadi bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mengenali secara dini,” ujarnya.

Sebab tidak hanya pemerintah saja yang harus melakukan pengenalan di lingkungan setingkat RT di setiap kelurahan di Kota Kediri. Butuh kerjasama dengan warga sekitar, agar Kota Kediri tetap menjadi daerah kondusif dengan keberagaman umat beragama.

Pemerintah Kota Kediri juga telah melakukan pembinaan dan kunjungan melaui Kantor Kesbangpol pada lingkungan RT. “Kita tidak boleh lengang dalam penjagaan. Ini juga menjadi salah satu aspek pemerintah untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Terpenting, masyarakat harus tetap menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan rasa aman,” jelasnya.(adv/pemkotkediri)

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor : Della Cahaya

 

Follow Untuk Berita Up to Date