Presiden Jokowi Puji Penggunaan Dana Desa

Tulungagung, koranmemo.com – Bupati Tulungagung Syahri Mulyo akhirnya bisa bersyukur dengan  pujian Presiden Joko Widodo terkait optimalisasi pelaksanaan penggunaan dana desa untuk pengembangan infrastruktur pedesaan di wilayahnya selama waktu tiga tahun ini.

Selain mensyukuri capain itu, dia juga mengaku hal ini akan menjadi penyemangat dalam menyelesaikan tugasnya dan bersiap untuk membangun masyarakat Tulungagung lagi pada periode ke depan. Dimana Kabupaten Tulungagung termasuk 19 kabupaten/kota yang juga akan melaksanakan suksesi kepemimpinan melalui Pilkada serentak tahun 2018.

“Kami tentu bangga dan bersyukur atas capaian ini. Setidaknya, hal ini membuktikan dana desa di Tulungagung bisa dioptimalkan, tinggal nanti kita akan lanjutkan program unggulan yang lain,” katanya, Rabu (25/10).

Sejak tiga tahun ini,  ia mengaku menekankan penggunaan dana desa untuk infrastruktur. Alasannya,  agar akses jalan antar desa maupun pedesaan semakin berkualitas dan akses kendaraan lebih lancar.

“Kita bisa manfaatkan sebaik-baiknya dana desa, karena masih banyak jalan di desa yang perlu dipaving atau dibeton, serta masih ada yang dengan tanah,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pencapaian itu diharapkan bisa menjadi pemicu semangat jajaran pemerintah desa. Dengan ke depan DD harus terus dioptimalkan penggunaannya agar pembangunan infrastruktur lekas tuntas.

“Kita tuntaskan masalah jalan di pelosok, lalu nanti kita akan lakukan kajian yang menunjang inovasi lagi,” terangnya.

Bupati Syahri melanjutkan, jika masalah infrastruktur dianggap cukup, maka DD bisa dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa.

“Kalau infrastruktus sudah beres, dananya kan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan ekomoni. Masyarakat bisa lebih berdaya karena ada kegiatan ekonomi yang ditopang dana desa,” katanya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menggelar rapat kerja pemerintah 2017, Selasa (24/10). Dimana Presiden menyebut Tulungagung termasuk salah satu yang mendapat pujian dari Presiden.

Menurut Jokowi, Tulungagung telah membangun 679 kilometer jalan dari Dana Desa. Selain itu juga ada jembatan sepanjang 1975 meter yang dibangun dari DD.

“Ini belum termasuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini, red) dan pasarnya,” kata Jokowi di depan para kepala daerah.

Reporter : Gunawan

Editor      : Hamzah Abdillah

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.