Prediksi 5000 Kendaraan Lintasi Tol Joker

Arus Mudik 2016

Jombang, Memo – Jumlah kendaraan yang melintas di tol Jombang – Mojokerto (Joker) seksi 1 pada musim mudik Idul Fitri 2016 ini, diprediksi mengalami peningkatan hingga 200 persen. Jika dihitung, jumlah kendaraan bisa mencapai 5.000 hingga 6.000 unit per hari mulai dari H-5 lebaran.

Gerbang tol seksi 1 di kecamatan tembelang (dok.memo)
Gerbang tol seksi 1 di kecamatan tembelang (dok.memo)

“Pada hari biasa jumlah kendaraan yang melintas di tol Joker sekitar 1.700 unit per hari. Namun untuk arus mudik lebaran kali ini kami memprediksi akan ada peningkatan hingga 200 persen atau 5.000 hingga 6.000 kendaraan per hari,” ujar Dela Rosita, Humas PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), selaku pengelola tol, Sabtu (25/6).

Dela menambahkan, melihat data  pada tahun sebelumnya, arus mudik yang melewati tol Joker juga mengalami peningkatan. Untuk tahun ini, menurut Dela, bakal terjadi peningkatan juga. Pergerakan arus lalu lintas akan terlihat pada H-5 dan mencapai puncaknya H-2 lebaran. Sedangkan puncak arus balik akan terjadi hingga H+5 lebaran. “Indikasi peningkatan kendaraan juga bisa dilihat dari jumlah pendapatan. Jika hari biasa, pendapatan sekitar Rp 20 juta per hari. Namun saat arus mudik bisa meningkat tajam mencapai Rp 60 juta per hari. Ini tentu menjadi salah satu indikasi adanya kenaikan volume kendaraan,” terang Dela.

Untuk itu, sejumlah langkah telah dipersiapkan menghadapi lonjakan volume kendaraan. Selain menyiapkan uang receh sebanyak Rp 25 juta dalam bentuk pecahan Rp 500 sebagai uang kembalian, juga telah disiapkan tiga unit mobil derek, dua unit mobil patroli, ambulan serta mobil rescue masing-masing satu unit. “Langkah disiapkan untuk mencegah adanya antrean panjang alias penumpukan kendaraan,” pungkas Dela.

Untuk diketahui, tol Joker seksi 1 terbentang mulai Kecamatan Bandar Kedungmulyo hingga Kecamatan Tembelang, Jombang atau sepanjang 14,7 kilometer. Bagi pemudik dari arah Jawa Tengah, Nganjuk, Kediri menuju Surabaya, Lamongan dan Tuban bisa memilih jalur ini untuk menghindari kemacetan sepanjang by pass Jombang dan dalam kota Jombang.

Pemudik bisa masuk melalui gerbang tol Bandar, yang terletak di Desa Kayen Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Demikian juga sebaliknya. Bagi pemudik dari arah Tuban dan Lamongan yang menuju arah Nganjuk melalui Ploso, bisa memilih jalur tersebut untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas. Pemudik dari Lamongan bisa masuk melalui gerbang tol Jombang yang berada di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang. (ag)

 

Follow Untuk Berita Up to Date