PPP Nyatakan Bakal Usung Mas Ipin di Pilkada Trenggalek 2020

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memastikan akan mengusung petahana Mochamad Nur Arifin sebagai calon bupati dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Trenggalek 2020. Pernyataan itu menjadi hasil putusan Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) DPC (Dewan Pimpinan Cabang) PPP Trenggalek, Selasa (10/3).

“Kami membuka penjaringan, bukan pendaftaran. Kami, DPC Trenggalek jelas sudah (memutuskan pilihan) hanya kepada saudara Pak Arifin yang saat ini menjabat bupati. Dan (keputusan) ini akan saya pegang,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP, Norman Zein Nahdi dalam Rapimcab di Trenggalek.Pihaknya, lanjut Norman, akan meminta DPC PPP Trenggalek untuk membuat surat rekomendasi ke DPW. Selanjutnya, rekomendasi itu nantinya bakal dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP. Sebab penentuan rekomendasi calon kepala daerah untuk PPP langsung ditentukan oleh pusat. “Dengan ini, saya minta buat laporan dari Pak Tarkiat (Ketua DPC PPP Trenggalek) ke kami secara resmi. Baru saya membuat permintaan rekomendasi secara resmi ke DPP,” katanya.

Kepada Mas Ipin, Norman meminta untuk saling bersinergi. Dia berharap, sinergitas itu juga bisa mengerek suara PPP dalam pemilihan legislatif periode mendatang. Saat ini, PPP memiliki satu kursi di gedung DPRD Trenggalek. Kursi itu diduduki oleh Tarkiat. “Kami dari DPW minta Pak Tarkiat, Pilkada harus memenangkan Pak Arifin. Dan pada pemilu legislatif 2024, PPP harus ada tambahan kursi,” pungkasnya.

Ketua DPC PPP Trenggalek, Tarkiat menekankan, PPP akan semaksimal mungkin dalam mendorong Mas Ipin menang dalam pilkada mendatang. “Walau kami 1 kursi, di pileg 2019 kami punya suara 18.700. Ini menjadi bekal awal memberi dukungan penuh ke Pak Arifin untuk melanjutkan di periode berikutnya,” kata Tarkiat.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menyambut baik rencana PPP yang akan mengusungnya dalam pilkada 2020. Menurutnya koalisi dengan PPP akan mempermudah realisasi pembangunan Kabupaten Trenggalek bila ia kembali terpilih sebagai bupati untuk periode lima tahun mendatang. “Posisi PPP menjadi penting bagi saya untuk dorongan Trenggalek yang lebih baik. Kenapa begitu, karena PPP punya kader di kabinet yang selaku Kepala Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional),” kata Mas Ipin.

Kepala Bappenas, atau yang sekarang disebut sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, saat ini dijabat oleh Suharso Monoarfa, merupakan kader PPP yang menduduki kursi di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf. “Meski dari hitungan politis PPP punya satu kursi, saya tidak melihat begitu. Tapi skema besar untuk melihat indonesia, bahwa PPP bagian dari kabinet,” imbuhnya.

Lewat koalisi itu, lanjut Mas Ipin, dapat memastikan program pembangunan di Kabupaten Trenggalek juga masuk menjadi program prioritas pembangunan nasional. Termasuk program rencana pengembangan kawasan Selingkar Wilis dan Kawasan Selatan yang tertera dalam Perpres 80/2019. “Ini akan kami maksimalkan dengan silaturahmi dan konsolidasi koalisi ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam Rapimcab tersebut, DPC PPP Trenggalek juga mengukuhkan beberapa kader baru. PPP optimistis, kader-kader tersebut banyak memberi kontribusi terhadap pengusungan Mas Ipin dalam pilkada mendatang.

Reporter Angga Prasetiya

Editor Achmad Saichu