PPDB SMA/SMK Diperkirakan Dibuka Akhir Mei

Kediri, koranmemo.com – Masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) segera dimulai. Meski belum keluar jadwal resminya, diperkirakan PPDB tahun akan dibuka akhir Mei.

Kasi Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri, Sidik Purnomo mengatakan, belum menerima informasi resmi dari Kementerian Pendidikan maupun Dinas Pendidikan Jawa Timur terkait PPDB SMA/SMK tahun ini. Namun, melihat PPDB pada tahun lalu dimungkinkan pelaksanaan PPDB tahun ini dimulai pada akhir bulan Mei sampai awal bulan Juni.

“Belum ada informasi resmi, tapi kalau melihat tahun lalu bisa jadi dimulai akhir bulan Mei. Pelaksanaannya dimungkinkan sama seperti tahun lalu yakni menggunakan PPDB online,” jelasnya, Selasa (17/4).

Selain itu, sistem yang digunakan dalam PPDB online tersebut masih tetap sama dengan tahun lalu, yakni untuk SMA menggunakan sistem zonasi sedangkan SMK tidak menggunakan zonasi. Sementara, untuk nilai yang digunakan oleh siswa lulusan SMP dan sederajat seperti tahun sebelumnya dimungkinkan menggunakan nilai ujian nasional.

“Kemungkinan masih sama menggunakan sistem zonasi untuk SMA dan SMK tidak. Untuk nilai yang digunakan seperti tahun lalu yaitu nilai ujian nasional,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Syaiful Rahman saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi dan pembinaan kepala SMA, SMK, dan PKLK di Kota Kediri, Rabu (21/3) lalu sempat mengungkapkan, jika tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Yang membedakan adalah tidak ada gelombang kedua dalam pelaksanaan PPDB online tahun ini.

“Saya informasikan, untuk tahun 2018 ini PPDB nya tidak ada dua gelombang. Cukup satu gelombang saja, jadi sekali selesai. Jadi saya harap, ada koordinasi baik antara Kota dengan Kabupaten untuk mensukseskan ini,” ujarnya.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu