PPDB  SD di Kota Kediri Secara Online

Kediri, Koranmemo.com – Ada sejumlah perubahan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Kediri. Mulai pendaftaran online hingga aturan zona yang sudah diterapkan dalam PPDB tahun ini.

Pada tahun ajaran 2017/2018 nanti, seluruh SD di Kota Kediri sistem pendaftarannya menggunakan online. Semua calon wali murid mendaftar di sekolah-sekolah yang sudah ditentukan.

Chevy Ning Sutyudi Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Kediri mengatakan, aturan tersebut sudah sesuai dengan Permendikbud No 17 Tahun 2017. Dimana, pembagian zona ini kedepannya diharapkan dapat mengangkat lebih banyak sekolah favorit.

“Sebelumnya, semua berbondong-bondong sekolah ke kota. Tapi dengan ini diharapkan dapat mengangkat sekolah favorit lebih banyak,” jelasnya.

Pada PPDB online tersebut, zona yang dimaksut adalah untuk mengatur skor para calon peserta didik. Dimana, terdapat 4 zona yakni pertama, alamat yang ada di Kartu Keluarg (KK) sama dengan Kelurahan di Sekolah itu calon siswa akan mendapatkan nilai 400. Kedua jika alamat KK atau tempat tinggal dalam satu kecamatan maka akan mendapat skor 300. Jika, calon siswa KK nya dalam Kota Kediri akan mendapatkan skor 200 dan jika KK calon siswa berada di luar Kota Kediri akan mendapatkan skor 0.

Namun, di Kota Kediri terdapat 4 Kelurahan yang tidak memiliki Sekolah Dasar. Oleh karenanya, Chevy memasukan Kelurahan-Kelurahan itu ke dalam SD yang terdekat. Kelurahan Pakelan akan masuk zona 1 pada SD Balowerti 1,2,3 dan SDN Setonopande. Kelurahan Pocanan masuk dalam zona SDN Balowerti 1,2,3 dan SDN Semampir 2. Kelurahan Ringinanom satu Zona dengan SD Kampungdalem 3,4,5,6. Kelurahan Kemasan satu zona dengan SDN Setonopande dan SDN Jagalan 1,3,5 dan calon siswa yang memiliki KK Kelurahan Jamsaren satu zona dengan SDN Singonegaran 1,2,3.

“Dalam PPDB online ini, semua calon siswa berhak mendaftarkan diri di 5 sekolah dasar. Di mana, batas minimum usia anak adalah 6 tahun,” ujar Chevy Ning Sutyudi.

Reporter: Zayyin Multazam

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.