PPDB 2020, Baru Empat SMPN di Kabupaten Madiun yang Penuhi Pagu

Share this :

Madiun, koranmemo.com – Pendaftaran secara online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Madiun, untuk jenjang SMP sudah dibuka sejak tanggal 4 Mei. Hingga saat ini, baru ada empat SMP Negeri yang telah memenuhi pagu.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Hendro Suwondo mengatakan, di Kabupaten Madiun terdapat 48 SMP Negeri dan Swasta. Untuk sementara baru empat SMP yang telah memenuhi pagu, yakni SMPN 1 Mejayan, SMPN 2 Mejayan, SMPN 1 Balerejo dan SMPN 1 Geger.

“Pendaftaran online sampai tanggal 5 Juni mendatang dan setiap hari Senin kita rekap data yang sudah mendaftar,” katanya, Rabu (27/5).

Waktu pendaftaran yang cukup panjang ini, jelasnya, diberikan guna menjembatani agar peserta didik memdapatkan sekolah, terlebih lagi saat ini sedang dalam kondisi pandemi Covid-19.

Bahkan, persyaratan pendaftaran pada tahun 2020 ini pun dipermudah. Secara prinsip sistem pendaftaran SMP se Kabupaten Madiun sama menggunakan jalur online.
Jika tahun sebelumnya persyaratan memerlukan tanda kelulusan, danem dan dokumen asli. Namun sekarang cukup dengan dokumen difoto atau di scan kemudian dikirim ke pihak sekolah.

“Setelah semua kembali normal dan kembali melakukan kegiatan belajar mengajar, jika diperlukan dokumen nantinya disusulkan,” katanya.

Selain melalui jalur online, untuk siswa yang tidak memungkinkan baik dari segi orang tua maupun daerah terpencil yang susah sinyal, pihak sekolah memfasilitasi dengan jemput bola.
Guru SMP akan bekerja sama dengan guru SD untuk pendaftaran bahkan ada yang mendatangi orang tua langsung kerumah. Para orang tua wali murid tidak perlu datang ke sekolah mengatar berkas pendaftaran. Sehingga mereka terhindar dari kerumunan massa dan dapat memperkecil resiko penyebaran virus corona.

“Segala persyaratan lebih dipermudah, prinsipnya nomor satu sehat jika sudah sehat kuta bisa menentukan pilihan,” pungkasnya.

Reporter Juremi
Editor Achmad Saichu