Positif Covid-19 di Tulungagung Melonjak, Tambah 13 Kasus Baru dari Klaster Pabrik Rokok

Share this :

Tulungagung, koranmemo.com – Pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tulungagung bertambah 14 orang, total menjadi 47 orang. Jumlah ini melonjak drastis yang 13 diantaranya berasal dari karyawan pabrik rokok simustika Tulungagung, sedang satu orang sebelumnya adalah pasien dalam pengawasan (PDP).

Kasus tersebut merata hampir di seluruh Kecamatan. Dari 19 Kecamatan di Tulungagung, praktis menyisakan Kecamatan Rejotangan, Ngunut, Pucanglaban, Tanggunggunung, Pucanglaban, dan Besuki sebagai zona kuning. “Saat ini, total pasien positif Covid-19 di Tulungagung berjumlah 47 orang,” ujar Wakil Juru Bicara Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro, Selasa (19/5) pagi.

Dari tambahan 14 kasus tersebut, 13 diantaranya merupakan karyawan salah satu pabrik rokok, dan satu pasien yang sebelumnya berstatus PDP. Galih menambahkan, 14 pasien tersebut berasal dari Kecamatan Sendang 1 orang, Karangrejo 2 orang, Pakel 3 orang, Gondang 6 orang, Kauman 1 orang dan Boyolangu 1 orang. Sementara itu, juga ada satu pasien yang dinyataman sembuh dari Covid-19 per hari Senin (18/5) yaitu FR seorang
paramedis Puskesmas Simo berasal dari Kecamatan Karangrejo.

“Hari ini juga ada satu tambahan pasien sembuh, FR asal kecamatan Karangrejo yang bekerja di Puskesmas Simo,” jelas Galih.

Galih menambahkan, dari 270 karyawan pabrik rokok, 241 orang telah mengikuti rapid test, yang diketahui 14 karyawan reaktif sementara dari anggota keluarga karyawan ditemukan 2 orang reaktif rapid test. Dari 16 orang tersebut keluar hasil swab dari laboratorium 13 orang dinyatakan positif Covid-19 sementara 3 orang negatif.

Sementara itu, untuk data perkembangan Covid-19 terbaru, pasien dalam pengawasan (PDP) di Tulungagung mencapai 520 orang, orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 1165 orang dan orang tanpa gejala ( OTG ) 472 orang.

Reporter Zayyin multazam sukri
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date