Ponorogo Dikepung Banjir, Bencana Tahun 2007 Terulang Lagi

Ponorogo, koranmemo.com – Bencana 2007 kembali terulang di Kabupaten Ponorogo. Ini setelah, hujan deras yang mengguyur kawasan Ponorogo sejak, Rabu (6/3) sore membuat sejumlah wilayah di Bumi Reog ini diterjang banjir, Kamis (7/3).

Dari data BPBD Ponorogo tercatat, 15 desa di 7 Kecamatan yakni Kecamatan Siman, Balong, Sukorejo,Slahung, Kauman, Mlarak, serta Ponorogo terendam banjir. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Ponorogo, pemukiman warga di 5 kelurahan di wilayah ini terendam air dengan ketinggian 50 cm hingga 1 meter. Tak hanya itu, hingga pukul 04.30, Kamis (7/3) dini hari, warga di wilayah kota yang berada di aliran sungai Sekayu ini dievakuasi petugas gabungan. Tercatat 454 warga yang terdiri dari 32 balita, 105 laki- laki, dan 292 wanita mengungsi di gedung Sasana Praja Pemkab Ponorogo, dan 25 orang lainnya mengungsi di rumah sanak saudara.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono mengatakan, banjir terparah ke dua sejak banjir 2007 lalu ini, akibat luapan aliran Sungai Sekayu. Hal ini dipicu meluapnya sejumlah  anak sungai Sekayu di wilayah hulu yang membuat debit air meninggi.

Tidak hanya itu, arus lalu lintas pun terpaksa dihentikan baik menuju atau keluar kota Ponorogo. Pasalnya, sejumlah jembatan yang dilalui aliran Sekayu debit air cukup tinggi dan deras sehingga kendaraan dilarang melintas untuk sementara ini.

“Hujan deras yang membuat aliran Sekayu meluber. Air datang sekitar pukul 02.00 dini hari, Saat ini Ponorogo terisolasi, kendaraan tidak bisa melintas dikarenakan arus sungai yang melingkari Kota Ponorogo masih deras,” ujarnya.

Budi mengungkapkan, hingga kini masih ada 100 warga di 5 lokasi yakni, di Perum Citra Muri Kencana, Dukuh Keling Desa Pengkol, Desa Paju, Jalan Pincowolo Kelurahan Kepatihan, Dan Jalan Imam Bonjol Gang 5, belum bisa dievakuasi petugas kendati ketinggian air yang terus meningkat.

“Hal ini akibat keterbatasan perahu karet kita, cuman 1 unit, dan personel di lapangan terbatas. Untuk bantuan logistik berupa makanan sudah didistribusikan dari dinas terkait ke pengungsian,”pungkasnya.

Reporter Zainul Rohman

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date