Polresta Sidoarjo Luncurkan Layanan Publik Online

Sidoarjo, koranmemo.com – Berbagai inovasi berbasis online terus dilakukan Polresta Sidoarjo. Setelah berhasil mengeluarkan inovasi SKCK online, kini lima inovasi sekaligus diciptakannya. Yakni dua inovasi pelayanan publik serta tiga inovasi bagi internal Polresta Sidoarjo. Inovasi tersebut adalah Quick Respon Center (QRC), D-S3 (Digital Security Sistem Semeru) serta Tactical Game Polri, Smart Office dan E-Kinerja.

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Muhammad Awar Nasir, mengaku layanan QRC ini untuk memudahkan kerja sama antara masyarakat dan kepolisian, untuk melaporkan situasi daerah atau desa yang ada peristiwa. Seperti informasi bom, kebakaran, kecelakaan dan peristiwa lainnya.

“Hari ini launching Quick Respon Center, suatu ruangan command center yang memudahkan memberikan akses kepada masyarakat untuk mengelola media sosial, kemudian langsung ditindaklanjuti,” ucap Kombespol Muhammad Anwar Nasir kepada wartawan, Selasa (13/6).

Di dalam ruangan Command Center dilengkapi beberapa kamera cctv dan layar monitor agar bisa diketahui lokasi pelaporan dan keluhan masyarakat. Selanjutnya pihak Polres Sidoarjo dengan mudah mengetahui titik lokasi yang dilaporkan kemudian ditindak lanjuti.

Untuk akurasi pelaporan dari masyarakat, lanjut Kapolresta M. Anwar Nasir, ruang command center telah dilengkapi dengan filterisasi. Ini untuk memfilter pelaporan dan keluhan yang telah dilaporkan ke pihak polresta.

“Masyarakat tidak akan bisa membuat laporan adanya kejadian palsu karena di command center sudah dilengkapi filterisasi,” harapnya.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah memberikan apresiasi atas launching QRC yang dilakukan Polresta Sidoarjo. “Dengan pemanfaatan teknologi untuk layanan masyarakat ini, kita berharap bisa bermanfaat bagi masyarakat Sidoarjo,” jelasnya.

Bupati memberikan apresiasi yang tinggi terciptanya aplikasi tersebut.  Ia berharap penerapan aplikasi tersebut berdampak positif terhadap kinerja anggota Polresta Sidoarjo. Melalui aplikasi tersebut diharapkan dapat menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat Sidoarjo.

Melalui salah satu aplikasi itu juga diharapkan mampu menciptakan keamanan dan ketentraman di Kabupaten Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut H. Saiful Ilah juga berharap kepada Polresta Sidoarjo untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Reporter: Yudhi Ardian

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.