Polresta dan Polres Kediri Lakukan Penyekatan Cegah Penyebaran Covid-19

Kediri, koranmemo.com – Personel Polresta dan Polres Kediri melakukan penyakatan beberapa ruas jalan protokol baik di Kabupaten maupun Kota Kediri, Sabtu (28/3). Penyekatan ini diharapkan dapat meminimalisir warga untuk berkumpul dan diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19).

Kapolresta Kediri, AKBP Miko Indrayana menjelaskan, selain melakukan penyekatan di jalan protokol wilayah hukum Polresta Kediri, juga mulai memberlakukan Kawasan Tertib Physical Distancing (KTPD). “Kami mulai Jumat (27/3) pukul 22.00 WIB dan rencananya akan terus berlaku sampai kondisi lebih membaik,” jelasnya.

Sebagai percontohan, ada tiga lokasi yang sudah menerapkan KTPD yaitu Perum Pesona Puncak Permai Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto, Perum Persada Asri Kelurahan Balowerti Kecamatan Kediri Kota, dan Perum Graha Mukti Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren. Dalam pelaksanaannya, personel Polresta Kediri bersama peronel Kodim 0809/Kediri juga melakukan sosialiasai kepada warga.

Sementara itu, jalur protokol yang mulai dilakukan penyekatan untuk menghindari berkumpulnya warga seperti Jalan PK Bangsa, yang merupakan jalur masuknya kendaraan dari luar daerah Kota Kediri. Tak tanggung-tanggung, penyekatan ini berlaku selama tiga hari, setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 19.00 WIB sampai selesai.

“Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat mengajak warga menjaga lingkungannya, turut serta dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan,” katanya.

Hal senada juga diutarakan Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono, di wilayah Kabupaten Kediri juga mulai diberlakukan penyekatan di jalan protokol. “Diberitahukan kepada seluruh masyarakat penggungguna jalan di wilayah Kabupaten Kediri, upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, maka diberlakukan KTPD,” jelasnya.

Adapun jalur yang menjadi KTPD yaitu Jalan PK Bangsa, Pare mulai simpang tiga sebelah timur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kediri sampai simpang empat Masjid Agung An-Nur, Pare. “Khusunya pada Sabtu seperti yang kami laksanakan pada hari ini (Sabtu/28/3) mulai pukul 19.00 WIB sampai selesai,” imbuhnya.

“Mari kita berikhtiar bersama, berusaha dan berdoa bersama melawan COVID-19. Kami harapkan, jangan ke luar rumah dan semoga tidak ada yang tertular. Ini demi kebaikan bersama, kami bersama personel gabungan akan berupaya semaksimal mungkin,” ucapnya.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor :  Achmad Saichu