Polresta Blitar Dukung Penuh PPKM

Blitar, koranmemo.com – Polres Blitar Kota mendukung penuh kegiatan maupun aturan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat Republik Indonesia dalam upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Disebutkan oleh AKBP Dr. Yudhi Hery Setiawan, Kapolres Blitar Kota, bahwa Polres Blitar Kota memiliki dua administrasi yakni sebagian dari wilayah Kabupaten Blitar dan Kota Blitar itu sendiri.

“Ada enam kecamatan di Kabupaten Blitar yang saat ini masuk pada zona merah dan tiga kecamatan di Kota Blitar yang saat ini zona oranye. Semuanya itu masuk pada wilayah hukum Polres Blitar Kota,” katanya seusai melaksanakan apel PPKM di depan Pemkot Blitar.

Oleh karenanya, meski Kota Blitar tidak masuk pada wilayah wajib PPKM yang ada di Jawa Timur. namun Polres Blitar Kota akan tetap melakukan sejumlah operasi sebagai upaya imbangan dari pemberlakuan PPKM di Kabupaten Blitar.

“Kami tidak ingin nantinya saat Kabupaten Blitar memberlakukan PPKM namun Kota Blitar justru melonggarkan aturan. Mengingat letak dari Kota Blitar berada di tengah-tengah Kabupaten Blitar, jadi akan kami lakukan penjagaan di perbatasan-perbatasan wilayah” tandasnya.

Dikhawatirkan jika Kota Blitar tidak turut serta memberlakukan PPKM, akan menjadi pusat masyarakat untuk melakukan kegiatan yang berpotensi membuat kerumunan. “Kita tahu kalau pemuda-pemuda yang datang ke Kota Blitar untuk sekedar berkumpul tidak hanya dari Blitar saja. Tapi juga banyak dari kabupaten, maka dari itu penting untuk mengadakan operasi imbangan,” imbuh Yudhi.

Yudhi memaparkan, jika dalam pemberlakuan PPKM kali ini kepolisian akan memprioritaskan upaya-upaya persuasif terukur. Di mana ada tiga tahapan yang akan diterapkan yakni edukasi, pengawasan, dan penindakan hukum.

“Jika biasanya operasi yustisi kami adakan satu hari sekali, pada PPKM kali ini akan kami adakan tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam,” tegasnya.

Dengan intensitas operasi yang diperketat, Yudhi berharap masyarakat dapat berpartisipasi dengan aktif dalam upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Blitar.

Reporter: Saifudin/Abdul aziz wahyudi
Editor Achmad Saichu