Polres Nganjuk Libas Sindikat Pencuri Rumah Kosong

Nganjuk, koranmemo.com – Tim Resmob Polres Nganjuk meringkus 3 orang penadah hasil pencurian rumah kosong dengan korban Hj. Murofiah, S.Pd (46) warga RT 01/RW 08 Dusun Bancar Desa Singkalanyar Kecamatan Prambon, Minggu (29/9/2019).

Ketiganya adalah, Sunandar (44) warga Lingkungan/Kelurahan Bulusidokare Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Abdul Wahid (56) warga Kelurahan Pekauman Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, dan Sodikin (25) warga Desa Rebono Kecamatan wonorejo Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit ponsel merek Samsung Galaxi A5 warna silver beserta dosbook-nya, 1 unit ponsel merek Xiaomi tipe Redmi 4X warna hitam, dan 1 unit ponsel merek Mito tipe 151 warna hitam.

“Mereka ini satu jaringan alias sindikat. Ketiganya diciduk petugas di rumahnya masing-masing dan digelandang ke Mapolres Nganjuk,” ujar AKP Moh. Sudarman Kasubbag Humas Polres Nganjuk.

Sudarman menjelaskan, pencurian ini terjadi pada Kamis (4/7) lalu, sekitar pukul 18.00 WIB. Waktu itu, korban meninggalkan rumah untuk melaksanakan salat magrib ke musala samping rumahnya. “Saat ditinggal, kondisi pintu rumah terkunci dan pintu kamar tidak terkunci,” katanya.

Usai salat, korban langsung pulang ke rumah. Selanjutnya dia membuka pintu samping dan mendapati jendela samping rumah dalam keadaan terbuka bekas congkelan.

Kemudian korban masuk ke dalam rumah dan menghubungi kerabatnya, M. Abdur Rouf (39) dan Minhayul Fatihin (42) perangkat desa setempat, untuk diajak mengecek keadaan rumah.

“Ketika dicek, pintu kamar belakang terbuka sebuah ponsel Samsung Galaxi A5 dan ponsel Asus Zen 2 serta sebuah laptop di kamar depan dan uang tunai Rp 10 yang ditaruh dalam almari, ternyata sudah raib,” ungkap Sudarman.

Atas kejadian tersebut korban mngalami kerugian sekitar Rp 15 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polsek Prambon pada Rabu (10/7) lalu, untuk proses hukum lebih lanjut.

“Untuk kronologi penangkapan belum bisa kami beberkan ke media, karena saat ini masih dalam penyidikan dan pengembangan kasus. Untuk pelaku pencurian masih buron,” jelas Sudarman.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date