Polisi Tetapkan Satu Tersangka Penyelundupan Sabu di Dalam Rutan

Share this :

Trenggalek, Koranmemo.com – Polisi akhirnya menetapkan satu tersangka penyelundupan narkoba ke Rutan Klas II B Trenggalek. Satu tersangka yang ditetapkan yakni Ulul Azmi (29) warga RT 004/RW 001 Dusun Krajan Desa Tulungrejo Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Dia ditetapkan sebagai otak dibalik upaya penyelundupan sabu seberat 12,7 gram, Sabtu (20/4).

Sebelumnya sebanyak tiga orang diamankan pihak Rutan Kelas II B Trenggalek saat hendak mengantarkan kiriman makanan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) berinisial S. Penerima kiriman itu merupakan WBP kasus narkotika golongan satu dan belum lama menghuni rutan. Setelah diperiksa, dua orang lainnya yakni istri pelaku dan seorang sopir mobil rental yang disewa pelaku tidak terlibat.

“Pada pertengahan Maret lalu kami mendapatkan informasi dari petugas rutan terdapat lima napi kasus narkotika pindahan dari luar Trenggalek. Kami berkoordinasi untuk melakukan pemantauan kepada pembesuk, karena kami mendapatkan informasi akan adanya transaksi sabu,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo S dalam konferensi pers di Mapolres Trenggalek, Senin (22/4).

Kolaborasi petugas Rutan dan Satreskoba Polres Trenggalek membuahkan hasil. Seorang pengedar sabu dapat diamankan saat hendak menyelundupkan sabu ke Rutan melalui sayur ikan lele yang dia bawa. Untuk mengelabuhi petugas, ia menyelundupkan sabu ke dalam kepala ikan lele. Namun aksi Ulul Azmi terbongkar petugas.

“Sekitar pukul 09.00 WIB kami melakukan pemantauan dan sekitar pukul 12.30 WIB pelaku diamankan pasca petugas menemukan tiga poket sabu. Tiga poket sabu dengan berat 12,7 gram itu disembunyikan di kepala ikan lele yang dia bawa beserta sebungkus nasi,” jelasnya.

Namun sayang, dalam konferensi pers itu pelaku enggan membuka suara. Hanya saja, Kapolres Trenggalek menegaskan jika pelaku dengan WBP yang disebut oleh pelaku saling mengenal. Kini dipastikan Ulul Azmi bakal meringkuk dibbalik jeruji besi penjara menyusul temannya yang terlebih dahulu mendekam di penjara.

Sebelumnya, petugas Rutan Klas II B Trenggalek mengamankan seorang pria yang kedapatan membawa sabu saat hendak menjenguk temannya. Pria asal Kabupaten Tulungagung itu tertangkap basah saat hendak menyelundupkan sabu ke dalam lapas melalui sayur ikan lele yang mereka bawa.

“Kiriman itu berupa nasi putih dan satu toples sayur ikan lele. Setelah kami periksa, geledah di kepala ikan lele itu, kami buka kami temukan bungkusan dalam plastik kecil-kecil, warna hitam. Kira-kira sekira 15 gram, kemudian kami menghubungi polisi,” kata Kepala Rutan Klas II B Trenggalek Dadang Sudrajat, melalui Gulang Rinanto, Kepala Keamanan.

Reporter Angga Prasetya

Editor Achmad Saichu