Polisi Cantik Bantu Pulihkan Psikis Pengungsi Korban Longsor

Share this :

Ponorogo, Koranmemo.com – Kondisi psikis ratusan pengungsi yang selamat dari bencana longsor di Dukuh Tangkil Desa Banaran Kecamatan Pulung, pada Sabtu (1/4), benar-benar menjadi prioritas Polres Ponorogo.

Bahkan, untuk membantu pemulihan korban yang trauma akibat bencana ini, puluhan polisi cantik diterjunkan untuk menghibur pengungsi yang berada di rumah Kepala Desa Banaran Kecamatan Pulung, Sarnu.

Tercatat, setiap hari satu regu Polisi Wanita (Polwan) yang terdiri dari 10 orang, dikirim langsung untuk menghibur para pengungsi yang mayoritas wanita dan anak-anak itu. Untuk menghilangkan kesedihan para korban selamat ini, para Polisi wanita ini tak jarang mengajak bernyanyi dan bermain pengungsi anak-anak. Tak hanya itu, pengunsi wanita yang tiba-tiba menangis selalu dihibur, untuk tegar menghadapi kondisi ini.

Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmaji melalui Kassubag Humas Polres Ponorogo mengatakan, Polwan sengaja diterjunkan dan difokuskan pada Kamp Pengusian, untuk mempercepat proses pemulihan korban yang terguncang.

Dikatakan, pendampingan mental bagi pengungsi bencana sangat perlu, karena bencana ini tidak hanya merenggut harta bendanya, anak dan istri bahkan suami mereka juga ikut menjadi korban ganasnya longsoran Gunung Gedhe.

” Saat ini, Polwan kita fokuskan pada pemulihan psikis pengungsi. Dengan menghibur mereka, dan memberi semangat hidup bagi mereka, kami ingin para korban ini kembali bangkit dan menatap masa depan usai musibah ini,”ujarnya.

Diungkapkan, tak hanya itu, pelayanan kesehatan juga selalu disiapkan di lokasi pengungsian, menggandeng tim Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo dan PMI. Para pengungsi mendapatkan jaminan kesehatan selama di pengungsian.

” Untuk jaminan kesehatan mereka tentunya juga prioritas, ada tim dari Dinkes dan PMI yang senantiasa merawat mereka, sehingga kesehatan mereka juga terjaga di lokasi pengungsian,” akunya.

Reporter : Zainul Rohman

Editor : Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.