Polda Jatim Tetapkan 6 Tersangka Pembakaran Polsek Tambelangan Sampang

Surabaya, koranmemo.com – Polda Jatim resmi menetapkan 6 tersangka dalam kasus pembakaran Mapolsek Tambelangan, Kabupaten Sampang Madura. “Kita amankan mereka tadi malam, berjumlah 6 orang tersangka dan 5 orang tersangka sudah dipastikan kita terbitkan surat penahanan. Namun 1 orang tersangka masih kita lakukan pendalaman serta yang sudah kami periksa ada 17 orang saksi yang terkait peristiwa pembakaran di Mapolsek Tambelangan Daerah Sampang Madura,” kata Kapolda Irjen Pol Luki Hermawan saat memberikan keterangan Konferensi Pers di Lobby Tribrata Mapolda Jatim, Senin (27/5/2019).

Didampingi Wakapolda Brigjen Pol Toni Harmanto, dan Dirreskrimum Polda Jawa Timur, Kombes Pol Gupuh Setiyono serta Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera hingga Kabid Propam Polda Jawa Timur, Kombes Pol Hendra Wirawan, Kapolda menambahkan, para tersangka akan dikenakan pasal berlapis yakni, Pasal 200 KUHP, Pasal 187, dan Pasal 170 KUHP.

“Kita akan kembangkan lagi, karena aksi kejadian di Mapolsek Tambelangan Sampang yang di bakar itu ada beberapa barang yang hilang, sehingga hal tersebut akan kita proses pengembangan untuk masuk pasal penjarahan,” tegasnya.

Disampaikan motif pembakaran Mapolsek Tambelangan Sampang adalah merupakan dengan rasa kekecewaan masyarakat Madura yang ingin berangkat ke Jakarta pada 21 Mei kemarin. “Namun, para anggota TNI dan Polri yang melaksanakan patroli skala besar  berhasil mengembalikan mereka ke rumahnya sehingga tidak sampai terjadi berangkat ke Jakarta,” sambung Irjen Pol Luki kepada koranmemo.com.

Kemudian, lanjutnya menceritakan kejadian yang kedua diketahui bahwa kiriman video dari masyarakat Madura yang sudah berada di Jakarta, dengan mengirimkan video itu mereka menyampaikan mohon doanya di sini dalam keadaan terkepung dan mudah-mudahan bisa kembali lagi

“Nah dari situ lah adanya muncul rasa kekecewaan yang sehingga akhirnya mereka nekat melakukan pembakaran pada Mapolsek Tambelangan Sampang Madura,” pungkas Irjen Pol Luki.

Reporter M Fauzi

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date