Plt Wali Kota Blitar Apresiasi Peluncuran Kampung Kreatif Sukorejo  

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Plt Wali Kota Blitar, Santoso menghadiri peluncuran kampung kreatif Kecamatan Sukorejo, di Agrowisata Belimbing Karangsari, Senin (4/11). Dia berkeyakinan kampung kreatif itu akan meningkatkan ekonomi warga setempat serta meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Blitar.

“Dengan diluncurkannya Kampung Kreatif ini, saya minta seluruh pemangku kepentingan di setiap kelurahan untuk terus melakukan terobosan baru bagaimana potensi yang ada itu lebih dikenal masyarakat lokal, bahkan regional. Karena orientasi ini tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengangkat nilai PAD kita,” kata Santoso dalam sambutan peluncuran kampung kreatif tersebut.

Santoso menambahkan, banyak potensi yang dimiliki setiap kelurahan di Kecamatan Sukorejo. Beberapa potensi yang disebutnya yakni, Agrowisata Belimbing Karangsari yang dimiliki oleh Kelurahan Karangsari. Kemudian juga ada Batik Kembang Turi yang merupakan maskot Kelurahan Turi, yang semuanya bisa membantu ekonomi masyarakat serta menambah PAD Kota Blitar.

Santoso meminta, para pelaku UMKM bersama perangkat kelurahan memanfaatkan teknogi informasi untuk promosi. Pasalnya, pemasaran hasil produksi usaha sekaligus promosi kampung wisata menjadi bagian yang sangat penting bagaimana produk itu bisa sampai ke masyarakat dan menariknya untuk mengaksesnya.

“Di era globalisasi yang sudah berkembang pesat ini tinggal bagaimana kita mampu memanfaatkannya secara maksimal. Semuanya sudah digitalisasi. Kalau kita tidak mampu memanfaatkannya dengan baik, maka kita bisa benar-benar ketinggalan dengan daerah lain,” jelasnya.

Informasi lebih lanjut, di acara peluncuran Kampung Kreatif oleh pemerintah Kecamatan Sukorejo Kota Blitar yang digelar di Agrowisata Belimbing Karangsari ini, terdapat stand-stand pameran hasil prosuk usaha potensi yang dimiliki seluruh kelurahan di Kecamatan Sukorejo.

Hadir dalam acara tersebut selain Plt Wali Kota Blitar, juga ada Ketua KPU Kota Blitar, Komisioner Bawaslu Kota Blitar, Kepala Bakesbangpol-PBD Kota Blitar, Camat Sukorejo, Kapolsek Sukorejo, hingga jajaran perangkat kelurahan se- kecamatan Sukorejo. Masyarakat setempat juga tampak memadati acara tersebut yang dihibur kesenian musik Keroncong dan beberapa kesenian tradisional lainnya.(adv humas pemkot blitar)

Reporter Zayyin multazam sukri

Editor Achmad Saichu