Plt Bupati Resmikan Program Tani

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Plt. Bupati Nganjuk, Abdul Wakhid Badrus, meresmikan program tani di kantor sekretariat “bolo suryo”, Rabu (8/11) sore. Kesempatan tersebut dihadiri oleh anggota Komisi X DPR RI, M. Suryo Alam, perwakilan bank terkait dan para kelompok tani di Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutan, M. Suryo Alam menyampaikan, program ini bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada dalam dunia pertanian. Mengingat sejauh ini para petani terus saja mengalami persoalan yang seolah tiada habisnya. Terlebih, generasi baru untuk saat ini sudah enggan berkecimpung di bidang pertanian, sehingga membuat masa depan dunia tani semakin pelik.

“Dalam program ini, waktu musim tanam, bibit dan pupuk maupun obat pertanian disediakan. Prinsip di sini, biasanya para petani jika beli sendiri di kios harganya mahal, walaupun sudah menggandeng poktan. Di program ini kami data satu persatu secara rinci terkait perencanaan, sehingga kami belanja untuk mempersiapkan. Beli dikit sama banyak harga pasti beda, harga beda ini kita berikan ke petani,” papar Suryo.

Ditambahkan, untuk langkah awal program ini akan diterapkan terlebih dahulu pada tanaman padi, jagung, cabe, bawang merah. Bahkan, Suryo juga mengatakan, selama musim paceklik petani akan diberi dana Rp 2 juta per bulan untuk biaya mengurus tanaman. Selain itu, dana juga bisa digunakan mencukupi kebutuhan sehari-hari bagi petani, sehingga masih tetap ada penghasilan di musim tersebut.

“Program ini terus kami rancang selama 3 tahun, sehingga petani gajinya bisa melebihi UMR. Dengan begitu hidup para petani bisa menjadi lebih tenang,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Bupati Nganjuk Abdul Wakhid Badrus yang hadir untuk meresmikan program tersebut menyampaikan, pihak pemerintah akan memberi apresiasi kepada pihak manapun yang datang ke wilayahnya untuk membawa kemajuan daerah. Namun, dia menegaskan agar jangan sampai kedatangan ke wilayah berjuluk kota angin ini semata-mata hanya untuk mengeruk kekayaan atau keuntungan pribadi.

“Kalau petani itu yang dicari adalah kebutuhan pertanian mudah didapat dan murah. Masalahnya selama ini pihak penyedia menjual dengan harga mahal mengingat tingginya kebutuhan. Karena itu kalau ada program penguatan petani akan saya dukung guna peningkatan kualitas pertanian,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Nganjuk, didampingi anggota Komisi X DPR RI dan perwakilan bank menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani. Diadakan pula sesi tanya jawab seputar program ini untuk memberikan solusi pada permasalahan yang menimpa petani. (adv/hms pemkab)

Reporter: Andik Sukaca

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.