Plt. Bupati Lumajang : Jadikan Momentum Harkitnas Sebagai Media Pemersatu Bangsa

Lumajang, koranmemo.com –Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang diperingati setiap tanggal 20 Mei merupakan momentum tepat untuk mengisi semangat para pejuang bangsa.

“Untuk itu, saya ingin semua elemen masyarakat menjadikan Harkitnas sebagai media untuk mempersatukan bangsa dan meningkatkan wawasan kebangsaan demi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkap Plt. Bupati Lumajang Buntaran Suprianto saat bertindak sebagai Inspektur upacara pada peringatan Harkitnas ke-110, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang, Senin (21/5), di Alun-alun Lumajang Provinsi Jawa Timur.Saat membacakan sambutan dari Menkominfo Rudi Antara pada peringatan Harkitnas 2018, Buntaran Suprianto menyampaikan, bahwa bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan.

“Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan,” katanya.

Disampaikan, Presiden pertama dan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 1952 mengatakan, pada hari itu Bangsa Indonesia  mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ide, satu naluri pokok daripada bangsa indonesia.

Ditambahkan, bahwa pada butir kelima dari Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla  berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

Lebih lanjut, dia juga menambahkan, pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya.

“Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya,” imbuhnya.

Disampaikan, dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital” dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Sebelum pelaksanaan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lumajang bersama jajarannya melakukan kegiatan ziarah dan penaburan bunga pada makam para pahlawan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa, sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur.

Repoter :Abd Halim,Sp

Editor: Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date