Plt. Bupati Buka Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

Share this :

Lumajang, koran memo.comSafari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca untuk meningkatkan masyarakat gemar membaca dalam menggali sumber pengetahuan, dibuka Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Supriyanto, M.Kes di Aula BKD, Sabtu (3/3).

Gerakan nasional membaca kali ini bertema “Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat”.

Plt. Bupati menyampaikan bahwa literasi sangatlah penting, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju. Maka penggiat literasi seharusnya juga mengikuti perkembangan kemajuan teknologi dan dapat mengambil manfaat dari teknologi informasi tersebut.
Dijelaskannya bahwa ketersediaan dan kemudahan akses bahan pustaka dan sumber informasi bermutu untuk masyarakat Lumajang sangat diperlukan. Untuk itu, berbagai upaya agar kebutuhan teknologi masyarakat Lumajang dapat terpenuhi.

Kebutuhan informasinya terus dilakukan, seperti bekerjasama dengan pemerintah di tingkat nasional, termasuk perpustakaan nasional, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jatim dan berbagai pihak / stakeholder terkait.
“Melalui safari gerakan nasional membaca, diharapkan dapat mendorong seluruh masyarakat untuk makin meningkatkan kegemaran membaca, khususnya di Kabupaten Lumajang,” ujar Plt. Bupati.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Drs. Deny Kurniadi, M.Hum., menjelaskan bahwa peran perpustakaan adalah untuk menghubungkan antara sumber pengetahuan dengan pengguna pengetahuan. Perpustakaan juga sebagai rumah, sumber pengetahuan dan pustakawannya sebagai katalisator dalam usaha mempercepat proses desiminasi pengetahuan tersebut.

Baru-baru ini, kata dia, Kabupaten Lumajang mendapatkan mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan sebanyak  400 judul buku serta 800 eksemplar buku, laptop, proyektor, pengeras suara dan digital signage.

Reporter: Abd Halim,Sp

Editor: Gimo Hadiwibowo

Follow Untuk Berita Up to Date