Plengsengan Longsor, Ancam Bangunan Gereja

Jombang, koranmemo.com – Hujan deras melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Jombang, Selasa (19/12) sejak sore hingga malam, juga membawa dampak ambrolnya  plengsengan pagar Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Dusun Sumber Gogor Desa/Kecamatan Wonosalam. Situasi ini membuat kaget jemaat gereja yang sedang melaksanakan kebaktian dalam rangka persiapan Hari Raya Natal 2017.

“Ambrol sekitar pukul 18.00 WIB,” kata Juwandi (45) majelis penetua gereja kepada wartawan, Rabu (20/12) pagi.

Juwandi menjelaskan, saat itu jemaat gereja yang merupakan warga setempat sedang berkumpul melaksanakan kebaktian. Tiba-tiba salah satu jemaat melihat plengsengan pagar gereja ambrol.

Jemaat gereja langsung keluar melihat situasi yang terjadi. “Beruntung dalam peristiwa ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya saja ambrolan ini mengancam keberadan bangunan gereja,” ungkap Juwandi.

Selain mengancam bangunan gereja, lanjut Juwandi, ambrolnya plengsengan juga mengenai bagian depan mobil patroli milik Polsek Wonosalam yang dibawa dua anggota menjaga kebaktian. “Spion kendaraan tersebut patah, bodi mobil juga lecet-lecet, tuturnya.

Ngadiono (54) warga setempat menambahkan, sebelum plengsengan setinggi tujuh meter ini ambrol, air dari perbukitan terlihat menggerus tebing.
“Tembok penahan yang longsor setinggi tujuh meter, kalau lebarnya perkiraan sekitar 25 meter,” tandas Ngadiono.

Reporter: Agung Pamungkas

Editor: Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.