PKPU Baru, Penyerahan Berkas Calon Perseorangan Hanya 5 Hari

Blitar, koranmemo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia sudah mengeluarkan Peraturan KPU baru nomor 16 tahun 2019. Peraturan baru itu membuat waktu penyerahan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada 2020 hanya 5 hari.

“Pada tahapan baru ini, waktu penyerahan syarat minimal dukungan calon perseorangan hanya lima hari,” ujar Hernawan Miftahul Khabib, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Jumat (29/11).

Khabib sapaan akrabnya mengatakan, PKPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020 ini merupakan perubahan dari PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan. Perubahan paling penting tentang tahapan penyerahan persyaratan calon perseorangan pada Pilwali 2020, yakni mulai 19 Februari sampai 23 Februari 2020.

“Jadwalnya memang jauh lebih singkat, dari awalnya 3 bulan mulai Desember sampai Maret sekarang hanya lima hari,” kata Khabib.

Meski waktunya lebih singkat, Khabib mengatakan, jumlah syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan tidak berubah. Seperti sebelumnya yaitu minimal 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019. “Untuk syarat minimal dukungan calon perseorangan tetap, yaitu, 10 persen dari DPT Pemilu terakhir. DPT Pemilu terakhir di Kota Blitar 113.544 jiwa, berarti 10 persennya sekitar 11.355 jiwa,” ujarnya.

Informasi yang berkembang belum ada tokoh masyarakat atau warga yang akan mencalonkan Walikota Blitar dari jalur perseorangan. Khabib mengatakan, hal itu bukan ranah KPU, pihaknya tetap akan mensosialisasi persyaratan dan tahapan bagi calon perseorangan maupun melalui jalur partai kepada masyarakat.

“Segera akan kami sosialisasikan terkait perubahan PKPU yang baru ini kepada masyarakat. Jelas kami sebagai penyelenggara berharap dan berusaha agar pelaksanaan Pilwali nanti berjalan aman, dan lancar,” tandas Khabib.

Reporter Zayyin Multazam
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date