Pingsan, VA Batal Ditahan: Polda Tunggu Sampai Membaik

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Polda Jawa Timur menunda penahanan tersangka prostitusi online Vanessa Anggel (VA) lantaran jatuh pingsan dan saat ini masih di rawat di RS Bhayangkara HS Samsoeri Martojoyo Polda Jatim, Kamis (31/1). Polisi rencananya akan menahan VA hari ini setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka selama 12 jam sejak kemarin, Rabu (30/1).

Penundaan penahanan itu dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dihubungi tim koranmemo.com melalui telpon selulernya, Kamis (31/1). Barung mengatakan, Kepolisian belum sempat menahan VA.

“Yang bersangkutan jatuh pingsan dan kita belum sempat melakukan penahanan. Saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Barung membantah, jika VA saat ini dibantarkan lantaran sakitnya tersebut. “Bukan dibantarkan, yang bersangkutan sudah sakit sebelum ditahan,” jelasnya.

Meski demikian, Barung menegaskan, Polda Jatim tetap akan menahan VA setelah yang bersangkutan sudah dinyatakan sehat oleh tim dokter. “Ini akan dilakukan fleksibilitas melihat dari kemanusiaan dan kesehatan. Sehingga surat penahanan dilakukan mundur melihat daripada kondisi yang bersangkutan, saya kira semua juga melihat ini sebagai situasi yang dihadapi dalam penegakan hukum yang bertoleran, yang fleksibel, yang mana melihat situasi kondisi kesehatan dan psikologi yang kita hadapi,” tandasnya.

Sebelumnya, Vanessa Angel (VA) akan ditahan dengan syarat objektif didasari pasal sangkaan yang dikenakan tersangka, yakni Pasal 27 ayat 1 tentang Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan ancaman pidana 6 tahun penjara. Sedangkan, syarat subyektif alasan penahanan Vanessa dari penyidik, adalah dikhawatirkan yang bersangkutan menghilangkan barang bukti, melarikan diri, atau pun mengulangi perbuatannya. Rencananya, VA akan ditahan selama 20 hari di Mapolda Jatim.

Reporter Zayyin Multazam

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date