Piala Gubernur Jatim, Persik Kediri  Gunduli Bhayangkara FC 3-0

Bangkalan, koranmemo.com – Penutup pertandingan fase grup A Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020, Persik Kediri berhasil menggunduli Bhayangkara FC dengan skor 3-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (14/2). Progres baik didapat setelah pertandingan ke-2, Macan Putih julukan Persik, kalah tipis lawan Madura United di stadion yang sama, Rabu (12/2).

Menjadi tim yang tidak diunggulkan karena berpredikat sebagai tim  promosi pada pertandingan terakhir justru bisa unggul saat babak pertama. Meski 10 menit babak pertama Bhayangkara FC menguasai pertandingan, Faris Aditama, Kapten Persik Kediri dan kawan-kawan berhasil mencuri gol pada menit ke-14.Melalui umpan lambung Dani Saputra dari sisi kiri berhasil dijangkau sundulan Ronaldo Wanma dan mengarahkan bola ke kaki Faris Aditama. Tanpa penjagaan, pemain dari Liga 2 itu berhasil mengubah papan skor menjadi 1-0. Semakin percaya diri, skuat asuhan Joko Susilo, Pelatih Kepala Persik Kediri berbalik menguasai pertandingan.

The Guardian, julukan Bhayangkara FC tak mau mengalah, Ahmad Jufriyanto masuk mengganti Fathurrohman menit ke-28. Namun sayang pergantian tak bisa mengubah alur pertandingan, klub berjersey ungu ini justru menambah kedudukan menit ke-38 melalui sundulan Ante Bamaz. Faris Aditama yang leluasa berada di sisi kiri berhasil memberikan umpan ke depan gawang. Skor 2-0 menutup pertandingan babak pertama.

Babak ke-2, Getuk julukan Pelatih Persik Kediri memasukkan 3 pemain sekaligus, Gaspar Vega, Sackie Teah Doe, dan Paulo Sitanggang masuk menggantikan, Adi Eko, Galih Akar, dan Eka Sama. Tambahan tenaga ini membawa peluang bagi Macan Putih menit ke-47, namun umpan Faris untuk Paulo dapat dipotong.

Berselang 11 menit kemudian, Ronaldo Wanma keluar diganti dengan Antony Putro Nugroho. Daya serang Macan Putih semakin tajam, dan akhirnya berbuah gol pada menit ke-67, kerjasama antara Faris dan Ibo berhasil dikonversi menjadi gol. Paulo yang berdiri bebas di depan gawang melesakkan bola ke gawang The Guardian, skor 3-0 untuk keunggulan Persik Kediri.

Bhayangkara FC kembali melakukan pergantian, Nur Garianto dimasukkan untuk menambah serangan. Benar saja pada menit ke-72 dia mendapatkan peluang. Tapi belum berbuah gol. Kelelahan bermain 2 kali dalam sepekan membuat performa klub berjersey hitam ini menurun. Usaha terakhir, Adam Alis ditarik keluar diganti oleh Rangga menit ke-79.

Demikian dengan Persik, Ibrahim Sanjaya yang tampil impresif di sisi kanan ditarik keluar diganti oleh Yusuf Meliana menit ke-86. Macan Putih beberapa kali harus berjibaku dengan serangan yang dilancarkan The Guardian, tapi skor 3-0 untuk kemenangan Macan Putih tidak berubah sampai peluit akhir dibunyikan.

Strategi hemat energi Persik Kediri sukses didapatkan Getuk ketika pertandingan penutup Grup A. Dengan kemenangan ini jelas pelatih dan official sukses dalam meracik formula untuk mengarungi kompetisi Liga 1 nanti.

Reporter : Dhita Septiadarma

Editor Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date