Piala AFC U-16 Ditunda, Timnas Indonesia Tetap Gelar Pemusatan Latihan

Share this :

Jakarta, koranmemo.com – Penundaan Piala AFC U-16 2020 tak mempengaruhi persiapan Timnas Indonesia U-16. Pelatih Bima Sakti menyebut, pihaknya tetap akan menggelar pemusatan latihan pada akhir September mendatang.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunda Piala AFC U-16 2020 pada Jumat (11/9). Keputusan itu diambil karena AFC tak siap menggelar turnamen pada situasi pandemi seperti ini.

AFC menyebut, saat ini keselamatan dan kesehatan para pemain muda menjadi hal utama. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, berusaha mengambil hikmah dari penundaan Piala AFC U-16 2020.

“Kami hanya bisa mengambil hikmahnya. Banyak hal yang bisa kami lakukan sampai jadwal baru Piala AFC U-16 diketahui,” kata Bima Sakti, menukil dari laman Bola.

Meskipun ditunda, pemusatan para penggawa Timnas U-16 tetap dilakukan. “Kami tetap akan melakukan pemusatan latihan pada 20 September nanti. Rencananya akan digelar di daerah sekitar Jabodetabek,” tegasnya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Ubah Posisi Pemain U-19

Pemusatan latihan tersebut akan menjadi tahap ketiga buat Timnas Indonesia U-16 setelah edisi Juli dan Agustus. Rencananya, Bima Sakti akan memanggil 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan lanjutan itu.

Bima Sakti mengaku, untuk saat ini Timnas Indonesia U-16 hanya bisa memaksimalkan waktu yang ada dalam pemusatan latihan. Momentum penundaan Piala AFC U-16 2020 membuat Bima Sakti punya banyak waktu untuk menempa kemampuan sembari mencari pemain yang tepat.

Baca Juga: Imbang Lawan Arab Saudi, Timnas U-19 Punya 4 Jadwal Laga Uji Coba

“Kami punya persiapan tim lebih lama dan bisa memaksimalkan pemusatan latihan yang ada,” imbuhnya.

Tak hanya Piala AFC U-16 2020, AFC juga menunda Piala AFC U-19 2020. Kedua turnamen tersebut dijadwalkan ulang dan kabarnya akan digelar pada awal 2020.

Reporter: Okpriabdhu Mahtinu

Editor: Della Cahaya