Petani Nganjuk Belum Bisa Manfaatkan Kartu Tani

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Pembelian pupuk subsidi di seluruh kios di Provinsi Jawa Timur harusnya sudah mulai menggunakan kartu tani bulan September ini. Kendati demikian, Kabupaten Nganjuk baru bisa merealisasikan program tersebut awal tahun 2021 nanti.

Kepala Dinas Pertanian, Judi Ernanto menjelaskan, persiapan untuk program yang sebenarnya sudah direncanakan dan jadi wacana sejak 2017. Namun sampai sekarang masih belum matang.

Alasan utamanya karena pembagian kartu kepada seluruh  petani di Kabupaten Nganjuk belum merata. Selain itu, terkendala kebutuhan pupuk para petani dan persediaan di kios belum bisa memenuhi.

“Data petani dan luas lahan masing-masing petani sudah ada, namun kebutuhan pupuk di kios-kios belum memenuhi kebutuhan pupuk para petani,” kata Judi.

Judi juga menjelaskan, untuk sementara pupuk subsidi yang dikirimkan ke Kabupaten Nganjuk hanya mendapatkan 50 persen dari permintaan yang dia ajukan ke pusat. Hal tersebut disebabkan, biaya subsidi pupuk terkena refocusing Covid-19.

“Jadi, untuk penggunaan kartu tani sebagai alat pembelian pupuk bersubsidi di Kabupaten Nganjuk, belum bisa dilakukan,” kata Judi.

Reporter: Inna Dewi Fatimah

Editor: Della Cahaya