Petani Cabai, Antisipasi Hama dan Penyakit di Musim Hujan

Share this :

Blitar, koranmemo.com – Memasuki musim hujan, petani cabai di wilayah Kabupaten Blitar mulai intensif melakukan penyemprotan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama dan penyakit. Apalagi pada musim hujan seperti ini cabai mudah busuk.

Parni, salah salah satu petani di Desa Karang Gondang, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar mengungkapkan, memasuki musim hujan aneka tanaman sayuran rentan terserang berbagai penyakit.  Oleh sebab itu, para petani membutuhkan perawatan yang lebih dari sebelumnya.

“Jika musim hujan seperti saat ini cabai mudah busuk karena terkena genangan air,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Sugiyo, petani cabai lainnya. Untuk mengantisipasi penyakit, Sugiyo mulai melakukan penyemprotan. Adanya penyemprotan hama penyakit ini turut memengaruhi biaya produksi. Jika harga jual di bawah standar nantinya pendapatan dan pengeluaran hanya impas atas bahkan bisa rugi

Sementara harga cabai saat ini ditingkat petani mencapai Rp31.000 per kilogram. Parni berharap harga cabai tetap stabil dan tidak mengalami penurunan. Hal ini agar para petani cabai di Blitar tidak mengalami kerugian karena tingginya biaya produksi.

“Untuk saat ini harga dari petani Rp 31.000 per kilogram. Harapannya semoga harga tetap stabil agar tidak mengalami kerugian,” ungkap Sugiyo.

Reporter: Nuramid Hasjim

Editor: Della Cahaya