Pesona Air Terjun Panji Tirto Aji

Nganjuk, Koran MemoRupanya, selain air terjun Sedudo yang berada di lereng Gunung Wilis Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, warga Kabupaten Nganjuk, dihebohkan dengan ditemukannya air terjun baru di lereng Gunung Pandan. Lokasinya di hutan belantara dengan medan yang cukup berat. Warga sekitar menyebutnya, Air Terjun Panji Tirto Aji.

Indahnya mandi di Air Terjun Panji Tirto Aji, membuat badan segar. (Muji/Memo)
Indahnya mandi di Air Terjun Panji Tirto Aji, membuat badan segar. (Muji/Memo)

Air terjun yang masuk wilayah hutan petak 235 RPH Jeruk BKPH Tritik Perhutani KPH Nganjuk, tepatnya Desa Tritik Kecamatan Rejoso ini, tak kalah menariknya dengan dua air terjun yang berada di Desa Bendolo Kecamatan Sawahan.

“Jika ingin sampai ke air terjun, kita harus melewati hutan belantara untuk bisa menjangkau lokasi ini, maka orang-orang di sini memberi nama Air Terjun Panji Tirto Aji karena memang satu-satunya sumber mata air di kawasan hutan ini,” ujar Kuntoro, Kepala BKPH Tritik Perhutani KPH Nganjuk kepada Koran Memo di lokasi air terjun, Selasa (16/2).

Untuk sementara, jalur menuju lokasi Air Terjun Panji Tirto Aji memang masih tergolong berat. Setelah melewati jalan beraspal yang mulai rusak, bagi pengunjung yang naik sepeda motor, harus menyusri jalan setapak. “Di kanan kiri Jalan setapak ini, dipenuhi dengan jurang,” kata Kuntoro.

Karena penasaran, Koran Memo mencoba melihat langsung lokasi penemuan air terjun baru tersebut bersama tim Polhutmob BKPH Tritik. Dari permukiman warga di Desa Tritik Kecamatan Rejoso, kita masih harus masuk ke dalam hutan sejauh 1 kilometer hanya dengan berjalan kaki.

Melalui jalan ini, kita akan bertemu dengan aktivitas warga di hutan Jati dan tersebut. Setelah menempuh perjalanan dengan berjalan kaki di atas tebing sepanjang 1 kilometer, barulah kita pada lokasi air terjun.

Sesekali masih nampak binatang hutan seperti Kera, Kijang serta Ayam Hutan di sepanjang perjalanan. Diiringi suara Garengpung (Ordo Hemiptera, sejenis serangga yang memiliki suara khas), pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya panorama hutan yang masih perawan ini.

Setelah berjalan di atas aliran sungai tumpahan air terjun sepanjang kurang lebih 500 kilo meter, barulah kita bisa menemukan Air Terjun Panji Tirto aji. Hawa dingin langsung terasa menusuk tulang ketika kita sampai pada radius 50 meter sebelum mencapai gerojogan air terjun. “Tingginya sekitar 12 meter,” sebut Kuntoro yang memandu Koran Memo sampai tujuan.

Menurut Kuntoro, di atas Air Terjun Panji Tirto Aji, masih ada beberapa air terjun yang belum terjamah.┬áPesona Air Terjun Panji Tirto Aji dan beberapa air terjun di atasnya ini memang cukup menakjubkan dan membuat kita terpesona, karena berada di tengah hutan belantara yang masih perawan. “Namanya sendang kapit pancuran, artinya satu air terjun besar diapit dua air terjun kecil,” terang Asper Tritik ini.

Namun, untuk sementara ini, jalur menuju Air Terjun Panji Tirto Aji masih cukup berbahaya. Karena, kita harus melalui tebing curam yang di bawahnya terdapat jurang menganga. Namun, meski jalan yang dilewati sangat berat, sesampainya di Air Terjun Panji Tirto Aji, rasa lelah kita seolah langsung sirna. (Muji Hartono)