Perumahan Permata Jingga Diisolasi, Cegah Penularan Setelah Satu Warga Positif Covid-19

Share this :

Kediri, koranmemo.com – Pemkot dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri bergerak cepat menyusul adanya seorang warga yang positif corona. Mulai Minggu (29/3) sore, kawasan Perumahan Permata Jingga Kelurahan Tinalan Kecamatan Pesantren diisolasi. Kawasan perumahan itu merupakan tempat tinggal pasien positif corona, dr Bambang Triono Putro, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Kediri.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid – 19 Kota Kediri, dr Fauzan Adima mengatakan, selama 14 hari kedepan, sedikitnya 35 kepala keluarga (KK)  di  perumahan diminta untuk tetap tinggal di rumah.

“Selama 14 hari kedepan, warga diminta tinggal di rumah dan tidak meninggalkan kawasan perumahan,” katanya dihubungi Minggu (29/3) malam kemarin.

Selama masa isolasi lingkungan tersebut berlangsung, kebutuhan logistik warga akan dipenuhi oleh Pemkot Kediri. Paket sembako akan dibagikan ke tiap rumah secara rutin.

Menurut Fauzan, selama 14 hari kedepan, petugas gabungan dari Pemkot, Polres Kediri Kota, dan TNI akan menjaga akses masuk dan keluar perumahan. Pemeriksaan akan dilakukan terhadap orang yang keluar masuk kawasan untuk memastikan tidak ada penularan. Sebuah tenda didirikan di pintu masuk perumahan sebagai posko petugas.

“Ini upaya kami mencegah kemungkinan potensi penularan. Kami berharap semua bisa memahami dan mendukung upaya ini,” tandas Fauzan.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar melalui Akun Instagram @abdullah_abe mengatakan jika sore tadi dia meninjau Perumahan Permata Jingga untuk memastikan tidak ada aktivitas yang berisiko penularan Covid-19 yang lebih luas. “Sore ini kami melakukan karantina wilayah tepatnya di perumahan permata jingga. Ini tidak apa-apa kami memastikan tidak ada yang mondar mandir ke sana dan keluar masuk, tetap di rumah saja,” katanya

Setelah sampai di lokasi, Mas Abu sapaan akrabnya menjelaskan, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai upaya isolasi yang dilakukan. Beberapa perwakilan warga tampak  dikumpulkan untuk mendapatkan imbauan tetap berada di rumah dan tidak keluar kemanapun selama masa karantina.

Untuk mengawasi berjalannya masa isolasi, beberapa petugas akan disiagakan untuk mengawasi warga di sana. “Hari ini kami mengisolasi wilayah permata jingga supaya lebih aman insyaallah tidak ada apa-apa. Selama isilasi ini kami meletakkan tenda di sini dengan petugas supaya semua bisa berkoordinasi dengan baik. Kami harap semua bisa menyadari bukan apa-apa hanya virus, ini wabah tapi akan aman jika dilakukan isolasi,” imbuhnya.

Wali Kota Kediri menegaskan kembali manfaat karantina ini untuk kepentingan bersama karena jika meluas akan semakin luas lagi wilayah yang harus diawasi oleh pemerintah daerah. “Jika menyebar kami bisa mengkarantina 1 kelurahan dan meluas menjadi 1 kecamatan,” tutupnya.

Reporter : Arief Juli Prabowo/Dhita Septiadarma

Editor :  Achmad Saichu