Pertahankan Sumber Daya Air, Petani dan Masyarakat Diminta Sadar Lingkungan

Lamongan, koranmemo.com – Petani dan masyarakat desa pada umumnya tentu menjadi pihak yang paling terdampak di musim kemarau seperti sekarang ini akibat kurangnya sumber daya air sebagai suplai kehidupan tanaman dan untuk kebutuhan sehari-hari karena belum ada perusahaan air bersih yang menjangkau kawasan desa.

Untuk itulah, Yuli Karnawati,S.E. Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Konservasi dan Kemitraan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lamongan didampingi M. Bakhrudin Zuhri, S.P.,MMA mengaku peran masyarakat desa dan petani lebih dominan untuk mempertahankan sumber daya air yang ada di pedesaan, sedangkan pihaknya bertugas untuk melakukan konservasi di daerah yang masuk dalam kategori kritis.

“Seperti pada bulan februari lalu kita melakukan penanaman bambunisasi di daerah tangkapan air sepanjang kali mengkuli mulai dari desa maor hingga desa puter karena daerah tersebut masuk dalam target konservasi daerah kritis,” terangnya.

Tak hanya itu, diungkapkan kembali bahwa pihaknya juga melaksanakan program Presiden Jokowi yaitu penanaman rumput vetiver. “Kita juga menanam rumput vetiver di daerah bantaran bengawan solo (diluar wilayah solo valay) untuk meminimalisir erosi tanah tepatnya di wilayah Kecamatan Karangbinangun dan Kecamatan Laren,” katanya.

Lebih jauh, Yuli memaparkan setelah dilakukan bambunisasi pihaknya juga mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka menyadarkan serta mengingatkan pentingnya merawat lingkungan hidup khususnya sumber daya air.

“Kita jelaskan bahwa konservasi air melalui upaya bambunisasi adalah sebagai usaha agar air yang terdapat di sungai dan daerah tangkapan air dapat bertahan relatif lebih lama karena sifat dari akar bambu banyak menyimpan air, selain itu bambunisasi juga mencegah tanah longsor disekitar sungai untuk mempertahankan volume air,” ungkapnya.

Ia juga menuturkan bahwa selain bambunisasi, sumur resapan juga dibuat di beberapa titik seperti di daerah desa randubener, dan desa tambakrigadung agar masyarakat mengetahui manfaat sumur resapan tersebut.

Reporter Fariz Fahyu
Editor Achmad Saichu