Pertahankan Citra Wisata Halal, Disparta Canangkan Desa Sumberejo Sebagai Destinasi

Batu, koranmemo.com –  Penghargaan bagi Kota Batu sebagai destinasi wisata halal unggulan, telah diberikan oleh Kementerian Pariwisata pada acara penghargaan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 di Jakarta pada 9 April 2019 lalu. Sebab itu, demi mempertahankan citra yang mengharumkan Kota Batu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Imam Suryono mencanangkan lokasi untuk pusat wisata halal.

“Kota Batu ini sangat representatif jika berbicara wisata halal. Jika ditinjau mulai dari cara berpakaian masyarakatnya, mayoritas makanan dan minuman yang dijual, juga tempat-tempat wisata disini mayoritas tidak melanggar tatanan agama. Meski tidak semua wisata itu bisa diarahkan sebagai wisata halal, sebab halal itu kan definisinya masyarakat muslim,” jelas imam kepada koranmemo.com Rabu, (20/11)

Disinggung terkait anggaran yang akan digunakan untuk melanjutkan program wisata halal ini, ia menjelaskan jika penganggarannya bisa diambilkan dari alokasi kegiatan lainnya seperti pendampingan dan pelatihan. “Bukan berarti kalau kita bikin destinasi wisata halal, lalu harus ada dana sendiri, ya tidak begitu, bisa kok kita ambilkan dari pos anggaran lainnya,” tambah Imam.

Lebih lanjut, Imam meyakini Kota Batu masih bisa menjadi yang terbaik, jika melihat kondisi tempat atau fasilitas wisata yang memberikan garansi halal.

“Kota Batu tidak memiliki lokalisasi, diskotik juga tidak ada. Kota Batu termasuk unggulan destinasi wisata halal bersama 16 kota/kabupaten se-Indonesia. Nanti kita pusatkan di Desa Sumberejo, konsepnya bagaimana? Sabar dulu,” tegasnya.

 Imam melanjutkan, komitmen Pemkot Batu dalam membangun Kota Batu ramah terhadap wisatawan muslim.

““Makanan di luar halal di Kota Batu jarang dijumpai, dan memang rata-rata menyuguhkan menu halal. Bahkan kamar hotel pun ada arah kiblatnya, Termasuk juga toilet dibedakan antara wanita dan laki-laki. Ditempat lain banyak yang tulisan toilet saja tanpa dibedakan,” tandasnya.

Dengan diraihnya penghargaan komitmen wisatawan halal tentunya harus ditingkatkan. Mendatang sertifikasi bagi restoran di Kota Batu harus ada. Dicanangkannya Desa Sunberejo sebagai pusat destinasi wisata halal, diharapkan mampu memberikan citra positif untuk Kota Batu pada kancah nasional.

Reporter: Doi Nuri

Editor: Arif Juli Prabowo

Follow Untuk Berita Up to Date