Persiapan Pengamanan Pilkada, Puluhan Senpi Diperiksa

Share this :

Nganjuk, koranmemo.com – Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta didampingi Unit Propam memeriksa senjata api (senpi) para anggota, Rabu (24/1). Pemeriksaan di halaman mapolres ini dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali, untuk itu mengevaluasi pemakaian senjata api anggota.

Sedikitnya 82 pucuk senjata yang dibawa personel Polres Nganjuk diperiksa satu persatu. “Kami mengecek kebersihan dan surat izin pemegangan senjata api oleh anggota,” kata AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta Kapolres Nganjuk kepada sejumlah wartawan.

Disampaikan, jumlah senjata api yang menjadi inventaris Polres Nganjuk ada ratusan. Dari total tersebut, yang sudah diperiksa baru 82 senjata api. Sebagian senjata api lainnya masih berada di polsek jajaran. “Senjata api yang kondisinya kotor, anggota yang memegang langsung kami suruh bersihkan,” tandasnya.

Selain memeriksa senpi, lanjut kapolres, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi alat-alat lainnya termasuk kendaraan dinas di jajaran polres dan polsek jajaran. ”Ini juga untuk persiapan pengamanan pilkada,” jelasnya.

Menurutnya, tidak seluruhnya personel di Polres Nganjuk dipersenjatai. Sebab untuk memegang senjata butuh syarat yang mengharuskan anggota untuk memenuhi kualifikasi sehingga tidak digunakan sembarangan.

“Ada syarat-syarat khusus, terutama kejiwaannya dan harus lulus tes psikologi. Kami berpesan kepada personil yang memegang senjata untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak,” tukasnya.

Reporter : Muji Hartono

Editor      : Achmad Saichu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.