Persiapan Penanggulangan Bencana dan Perbaikan Infrastruktur dengan Alat Berat

Blitar, koranmemo.com-Pertumbuhan penduduk dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Laju pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan tingkat kepadatan penduduk dimana dibarengi juga dengan banyaknya pengguna jalan sebagai akses penghubung dari satu tempat ke tempat lain. Mengingat sarana jalan dan jembatan sangat vital bagi kegiatan ekonomi masyarakat secara makro maka perlu di lakukan perawatan jalan yang berkelanjutan khususnya terhadap ruas jalan dimana arus lalu lintasnya cukup tinggi.

“Kami terus lakukan perbaikan-perbaikan alat-alat berat ini, seperti Buldozer, Exavator, Greider juga Unit Back Load(Begho Lounder) juga yang lainnya,” jelas Suwandi ST Kasi Peralatan dan Alat Berat PUBMP,Minggu (16/7).

 Perbaikan alat-alat berat tersebut selain nantinya digunakan untuk membantu perbaikan jalan dan jembatan juga untuk persiapan jika terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi.  “Saat ini cuaca masih belum menentu, di beberapa daerah juga terjadi angin kencang, maka kami perlu waspada,”katanya.

Seperti banjir di Kecamatan Sutojayan beberapa waktu lalu yang mengakibatkan dasar sungai mengalami pendangkalan, maka itu harus dikeruk mrnggunakan alat berat. Dalam hal ini Pemkab Blitar menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas PUBMP.

 Selain pengajuan surat permohonan melalui kecamatan atau desa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan alat berat dalam menanggulangi bencana, alat-alat berat tersebut juga disewakan kepada pihak swasta.

“Alat-alat berat yang dimiliki Dinas PUBMP selain digunakan untuk percepatan pembangunan jalan dan jembatan juga untuk penanggulangan bencana, namun juga bisa disewakan kepada pihak swasta dan masyarakat , dari hasil sewa tersebut kami optimalkan untuk perolehan Pendapatan Asli Daerah atau PAD,”lanjutnya.

Pihaknya berharap perbaikan terhadap alat-alat berat yang senantiasa kami lakukan ini dapat mengantisipasi datangnya bencana juga membantu percepatan pembangunan infrastruktur. Selain itu semua alat berat yang ada bisa dioperasikan dengan baik, namun ada beberapa yang kerusakannya cukup parah namun senantiasa dilakukan usaha perbaikan terutama mesin harus bekerja dengan baik. Selain itu juga dilakukan pengecatan sehingga tidak mudah berkarat dan terlihat bagus.(adv)

Reporter: Arief Juli Prabowo
Editor: Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.