Perkuat Sendi Perekonomian Rakyat, Pemkab Trenggalek Bakal Tambah Fasilitas Pasar Karangan

Share this :

Trenggalek, koranmemo.com – Pemkab Trenggalek berencana menambah fasilitas berupa bangunan tambahan di Pasar Karangan untuk menampung seluruh pedagang yang berkutat di sana. Sebab, revitalisasi gedung baru yang menelan APBN Rp 4 miliar dinilai belum cukup untuk menaungi seluruh pedagang. Bangunan tambahan itu, akan direalisasikan tahun ini dengan pagu anggaran dari APBD senilai Rp1,2 miliar.

Ada sekitar 17 kios dan 98 los di pasar yang sudah terbangun sejak 2019 lalu. Namun gedung ini mulai difungsikan Juli ini sebagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang mulai melemah akibat dampak pandemi.

“Kita lihat yang di dalam sudah bersih dan baik. Bantuan dari pemerintah pusat melalui pembangunan pasar sudah selesai dibangun dan pasar ini akan segera kita lengkapi, karena pedagang pasar ini mencapai 300 lebih,” kata Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin.

Tambahan bangunan baru, yang rencananya didanai oleh pemda itu untuk menata para pedagang agar tidak terkesan semrawut. Seluruh pedagang di tata di dalam pasar, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas jalan. Fasilitasi tambahan bangunan berupa los dan kios itu bakal dilakukan bertahap.

“Pasar ini adalah denyut ekonomi masyarakat. Sesulit apapun kondisinya, saya akan terus berpihak kepada mereka. Urusannya bukan hanya soal penghasilan, namun ini juga rantai pasokan pangan. Kebutuhan rumah tangga dipasok dari sini,” kata Mas Ipin.

Selain menunjang fasilitas bangunan, pemerintah setempat juga memfasilitasi akses jual beli secara online melalui platform digital pasartrenggalek.com. Selain untuk mengurai kerumunan di kala pandemi Covid-19, melalui platform ini sekaligus mempermudah jual beli masyarakat. Karena konsumen bisa membeli tanpa harus datang ke pasar.

“Saya minta semua pedagang di data secara online, sehingga masyarakat bisa beli melalui handphone masing-masing secara online,” pungkasnya.

Reporter: Dias Ahmad Farid
Editor: Della Cahaya