Perkokoh Kamtibmas, Polres Gelar Tabligh Akbar dan Do’a Bersama

Share this :

Lamongan, koranmemo.com – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang ditandai dengan menggelar tabligh akbar di gedung Sport Center Lamongan (SCL) memantik sebagian besar masyarakat Lamongan. Buktinya, lautan manusia dari segala organisasi masyarakat (Ormas) maupun tokoh masyarakat islam membanjiri gedung olahraga tersebut.

Apalagi, kegiatan yang diprakarsai penuh oleh Polres Lamongan tersebut mendatangkan KH. A. Muwafiq sebagai pemberi petuah islami. Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung, S.I.K.,MH dalam kesempatan malam itu, Senin (4/11) mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pihak atas kebersamaannya menjaga persatuan di Kabupaten Lamongan.

Terlebih, tutur Feby, itu tercapai atas peran serta pihak pemerintah daerah (Pemda) khususnya Bupati Fadeli yang selalu memberikan motivasi dan ide kreatif terhadap situasi yang berkembang di Lamongan, hingga membuat institusi Polri khususnya Polres Lamongan bisa meminimalisir terjadinya situasi yang tidak kondusif di tahun politik.

“Kami juga sangat berterima kasih kepada jajaran Forkopimda Lamongan, Dandim, Camat dan segenap pimpinan organisasi islam, tokoh agama, para kyai yang selama ini sudah menjaga soliditas hingga keamanan dan ketertiban masyarakat bisa kondusif, terlebih disaat-saat tahun politik yang sudah lewat,” jelas Feby.

Orang nomor satu di jajaran Polres Lamongan tersebut meminta kepada semua lapisan masyarakat yang hadir untuk tetap menjaga persatuan. Apalagi, mendekati pesta demokrasi (Pemilukada) Kabupaten Lamongan.

Karena perbedaan itu pasti ada, namun setidaknya harus bisa terhindar dari berbagai macam konflik.

Feby juga meminta kepada semua lapisan masyarakat untuk menjadikan bhineka tunggal ika bukan hanya sebagai semboyan, namun juga sebagai nafas hidup. “Dengan begitu, kemajemukan dan perbedaan harus kita jadikan untuk bersatu membangun bangsa khususnya Kabupaten Lamongan,” harapnya.

Hal yang sama diungkapkan Bupati Lamongan. Di hadapan yang hadir malam itu, bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama menjaga Lamongan tetap nyaman, aman dan kondusif pasca diselenggarakan pesta demokrasi secara beruntun. “Kami berharap kedepan silaturahmi harus terus terjalin,” pintanya.

Dijelaskan Fadeli, sumber daya alam (SDA) termasuk salah satu faktor untuk menuju Lamongan semakin maju, hal itu harus diiringi pula dengan sumber daya manusia (SDM). “Mari kita tata SDM dengan baik. Hal itulah menjadi perhatian kita bersama. Salah satu kuncinya adalah kebersamaan dan kekompakan,” ungkap orang nomor satu dijajaran pemerintahan itu.

Sementara, Gus Muwafiq panggilan akrab K.H A. Muwafiq dalam pencerahannya kepada semua yang hadir malam itu mengatakan bahwa islam adalah agama masa depan.

Dikatakannya, dalam perkembangan zaman seperti sekarang ini, dia meminta semua umat untuk tetap menjalin kebersamaan meski dalam perbedaan.

Menurutnya, pesan kebangsaan itu sudah ada dan tercatat di dalam Al Quran. Apalagi, di Kabupaten Lamongan merupakan kota religi. “Kita itu berbangsa dan bersuku-suku. Yang jelas ada perbedaan. Akan tetapi, di tempat inilah kita bersatu. Contohnya, meski orang korea tidak disini tapi samsung (HP) ada di sini, kemudian bordiran baju pak Kapolres, itu mesinnya yang membuat amerika serikat. Intinya, dari perbedaan yang ada jika bersatu kita akan damai, mari kita berdo’a bersama,” ungkapnya.

Reporter Fariz Fahyu

Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date