Perketat Proses Pemberangkatan, Jumlah TKI Meningkat

Blitar, koranmemo.com- Jumlah tenaga kerja indonesia (TKI) asal dari Kota Blitar, yang bekerja ke luar negeri tahun ini meningkat. Hal ini seiring dengan ketatnya proses pemberangkatan TKI ke luar negeri.
Kepala Seksi Perlindungan Tenaga Kerja Dan Hubungan Industrial Bidang Ketenagakerjaan Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan PTSP Kota Blitar,Dwi Andri Susiono, SH mengatakan bahwa tahun lalu jumlah TKI dari Kota Blitar sejumlah 100 hingga 110 orang.
“Jika dirata-rata per bulan ada sekitar 9 TKI. Sementara tahun ini tercatat hingga akhir april 2017 lalu sekitar 85 orang sudah berangkat ke luar negeri,hal ini tentunya mengalami kenaikan,” ujarnya,  Kamis (18/5).
Menurutnya, sebagai antisipasi TKI illegal, saat ini pemerintah telah memberikan fasilitasi bagi calon TKI dengan perusaahaan penyalurnya.
Sebelum berangkat, TKI akan dipertemukan dengan pemilik atau petugas dari perusahaan yang memberangkatkan. Dijelaskan terkait dengan hak-hak yang bisa diperoleh TKI selama bekerja diluar negeri, seperti besaran gaji, lama potongan gaji, asuransi dan lain-lain.
” Setelah itu baru pihak pemkot menerbitkan surat rekomendasi berupa surat perjanjian penempatan bagi TKI bersangkutan, sebagai bekal bekerja ke negeri orang,” imbuhnya.
Adapun tujuan Negara bagi TKI Kota Blitar seperti ke Hongkong, Taiwan, Singapura dan Malaysia.

Reporter: Arief Juli Prabowo
Editor: Achmad Saichu
Follow Untuk Berita Up to Date

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.