Peringati HUT Bhayangkara, Ini Kegiatan Polresta Kediri 

Kediri, koranmemo.com —  Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  ke 73 Bhayangkara, Polres Kediri Kota melakukan donor darah yang dilaksanakan di ruang Rupatama Mapolres Kediri Kota, Selasa (25/6). Setidaknya, ada 150 petugas yang menjadi peserta donor darah, namun terlebih dahulu petugas diperiksa tekanan darah maupun kondisi fisik sebelum mendonorkan darah.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Anthon Haryadi melalui Kaurkes Polres Kediri Kota, Ipda Minarmi mengatakan, 150 peserta terdiri dari petugas Polres Kediri Kota, Polsek Jajaran, Kodim 0809/Kediri, Brimob, Bea Cukai Kota Kediri, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri, dan Petugas Satpol PP Kota Kediri. “Tidak semua peserta mendonorkan darah, karena kondisi fisik juga mempengaruhi pendonor,” jelasnya.Pasalnya, peserta donor darah terlebih dahulu diperiksa tekanan darah maupun kandungan kolesterol, apabila dinilai tekanan darah peserta tinggi atau terlalu rendah dibatas normal, mereka tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah. Untuk peserta yang tidak mempunyai keluhan dan kondisi fisik memenuhi syarat, petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri akan segera melakukan proses pengambilan darah.

Rata-rata, tiap peserta diambil satu kantong dengan ukuran 500 cc, karena setelah melakukan donor darah, petugas tetap melanjutkan tugas masing-masing. “Kalau keluhan mungkin hanya masalah tensi, misalnya tensi yang dinilai tinggi. Ini disebabkan petugas datang setelah menjalankan tugas dengan aktivitas yang padat. Untuk keluhan yang lain juga sedikit, seperti kencing manis dan kolesterol,” ujar Minarmi.

Dalam memperingati hari Bhayangkara ini Polres Kediri Kota mengadakan kegiatan donor darah dengan tujuan untuk semakin meningkatkan kegiatan sosial dan sebagai wujud kepedulian Polri terhadap kemanusiaan, supaya Polri lebih tetap dekat dengan masyarakat. Dengan demikian, kegiatan tersebut menjadi salah satu wujud nyata terhadap mengayomi serta melayani masyarakat.

Dari hasil kegiatan tersebut, darah yang terkumpul disumbangkan melalui petugas PMI Kota Kediri untuk kemudian dipergunakan bagi masyarakat yang membutuhkan. “Melalui setetes darah yang kita sumbangkan, kita berharap dapat meringankan penderitaan masyarakat yang membutuhkan,” tutur Minarmi.

Reporter : Okpriabdhu Mahtinu
Editor Achmad Saichu

Follow Untuk Berita Up to Date