Peringati Hari Kartini, Komunitas Delta Runners Berlari Dengan Kostum Adat

Share this :

Sidoarjo, koranmemo.com – Bagi sebagian orang olah raga berlari adalah kegiatan yang menyenangkan dan menimbulkan perasaan gembira. Apalagi bila dilakukan bersama-sama.

Selasa (23/04/2019) malam di jalan raya Jenggolo Sidoarjo ada hal unik dan menarik dilakukan sejumlah pelari. Tidak biasanya, puluhan wanita ini terlihat berlari dengan balutan Kebaya dan baju daerah khas Nusantara lainnya.

“Kami tergabung dalam komunitas pelari Delta Runners. Ini salah satu cara komunitas kami dalam menyambut hari Kartini,” sebut Risa Hardanto, captain komunitas Delta Runners usai melakukan kegiatan tersebut, Selasa (23/04/2019) malam.

Risa menambahkan, tidak hanya berlari saja, dalam kegiatan ini juga dilakukan penilaian kepada best costume pelari yang bertemakan “Kartini Run 2019” tersebut.

Acara yang diikuti sebanyak 40 peserta ini mengambil start dari paseban Alun-alun Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya mengelilingi jalan raya Jenggolo dan finish kembali di Alun-alun.

Dalam kegiatan itu, nampak sejumlah pria juga turut memeriahkan hari pahlawan emansipasi wanita itu. Bahkan berbagai gaya dan model pakaian yang dipakai cukup unik. “Yang terpenting tidak mengganggu diri sendiri dan orang lain saat berlari,” cetusnya.

Dijelaskan Risa lebih jauh, Delta Runners adalah komunitas lari yang ada di Sidoarjo dimana aktivitas kegiatan berlari ini dilakukan pada malam hari. Para anggotanya adalah dari berbagai usia dan profesi.

“Komunitas kami terbuka bagi siapa saja. Anggotanya dari berbagai profesi mulai mahasiswa hingga pengusaha. Usia juga kita tidak membatasi. Termuda usia 14 tahun, bahkan yang berusia 62 tahun juga ada,” akunya.

Risa menyebut tidak mudah memperkenalkan komunitas ini kepada masyarakat umum. Pandangan miring dan pemikiran hal yang tak lazim adalah salah satu alasan yang ada. Namun, dirinya bersama rekan-rekannya bertekad untuk bisa bangkit dan memperjuangkan komunitas berlari tertua di Sidoarjo ini.

“Saat baru berdiri anggotanya hanya 4 orang saja. Nyaris tiap akhir pekan, komunitas kami adakan acara berlari. Dan syukurlah, saat ini anggotanya sudah sebanyak 180 orang,” beber Risa

Usai komunitas Delta runners sendiri saat ini sudah menginjak angka 5 tahun. Tepatnya lahir pada tanggal 17 Oktober 2014 lalu.

Ditanya alasan mengapa komunitas ini memilih berlari pada malam hari, Risa menyebut jika anggota yang ada bekerja pada pagi hingga sore hari dan bagi yang mahasiswa masih menempuh jam kuliah.

“Alhamdulillah Delta Runners saat ini memiliki jadwal berlari setiap hari Selasa malam di Alun-alun dan hari Kamis malam berkumpul di kawasan Transmart,” imbuh Risa.

Tak heran acara berlari sering diadakan susul menyusul belakangan ini. Hal itu menyusul adanya komunitas yang tergabung dalan Indo Runners yang saat ini memiliki sebanyak 60 cabang di seluruh indonesia. Salah satunya di Sidoarjo, Delta Runners.

Sementara itu salah satu peserta, Reni Irawati, mengapresiasi kegitan ini. Selain untuk kebugaran juga sebagai salah satu cara untuk mengingat jasa RA. Kartini dalam memperjuangkan harkat dan martabat wanita kala itu.

“Setidaknya dengan hal kecil yang kami lakukan ini mampu membuat hal yang positif bagi orang lain,” terang wanita yang bekerja sebagai accounting di shipping company itu.

Reporter Yudhi Ardian
Editor Achmad Saichu